SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan

Cari Info, contoh : gaji

20 June 2017

BERAPA SIH BIAYA PENEMPATAN TKI KE TAIWAN?


Sesuai dengan Pasal 42 ayat 1 (satu) Permenaker RI Nomor 22 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia bahwa komponen biaya yang dapat dibebankan kepada Calon TKI adalah :

a)       Pengurusan dokumen jati diri
b)      Pemeriksaan kesehatan dan psikologi
c)       Pelatihan kerja dan sertifikasi kompetensi kerja
d)      Visa kerja
e)      Akomodasi dan konsumsi selama masa penampungan
f)        Tiket pemberangkatan dan retribusi jasa pelayanan bandara (airport tax)
g)       Transportasi lokal sesuai jarak asal TKI ke tempat pelatihan/penampungan dan
h)      Presmi asuransi TKI

Pada dasarnya biaya penempatan TKI bisa bersumber dari :
1.       Biaya sendiri (lunas/cash), jika telah lunas seharusnya tidak diperkenankan ada lagi tagihan setelah tiba di Taiwan. Jika di Indonesia sudah membayar lunas, ternyata setelah tiba di Taiwan masih ada tagihan lagi, segera laporkan, besar kemungkinan ada indikasi overcharging. Logikanya jika sudah lunas dan merasa tidak pernah berhutang kok tiba-tiba ada utang? Bagaimana ceritanya !
2.       Biaya dari pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun non KUR (plafon bisa mengacu pada standar cost structure yang telah ditetapkan pemerintah, atau bisa juga mengikuti plafond maksimal (Max. Rp. 25 juta rupiah) yang telah ditetapkan dalam Permenko Perekonomian No. 08 Tahun 2015 tentang Kredit Usaha Rakyat.  Adapun bunganyanya adalah 9 %.

Berikut Plafond Biaya Sesuai Cost Structure

1.       Taiwan Informal (Kep. Dirjen No. 153 Tahun 2009
a.       New ==>Rp. 17.925.400
b.       Eks (< 1 tahun) ==> Rp. 10.075.400
c.       Eks (> 1 Tahun < 2 tahun) ==> Rp. 10.200.000
2.       Taiwan Formal (Kep Dirjen No. 152 Tahun 2009 ==> Rp. 10.675.400, Update Penyesuaian terbaru bisa membaca Pengumuman Berikut :Pengumuman Biaya Penempatan ke Taiwan Sektor Formal

Biaya-biaya tersebut merupakan batas atas pembiayaan CTKI ke negera tujuan penempatan
Pelatihan tidak lagi menggunakan durasi, oleh karena itu bagi TKI yang berkompeten/mempunyai kemampuan tidka harus melakukan pelatihan selama 60 hari.
CTKI pada sektor formal umumnya tidak ada pelatihan, tetapi jika memang ada pelatihan harus dibuktikan dengan adanya bukti pembayaran ke Lembaga Pelatihan.
Tiket Taiwan sebesar USD 300.000 menyesuikan kurs pasar.

Bagi TKI yang membutuhkan biaya tambahan untuk keluarga dapat mengajukan tambahan biaya tersebut sampai dengan Rp. 3 juta, akan dimasukan sebagai tambahan utang.

Simulasinya Perhitungan dapat dibaca di Cost_Structure_dan_Angsuran_KUR


Simulasi Online dapat dicoba di SIMULASI KREDIT ONLINE

(Simulasi tersebut hanya sekedar simulasi, angka pasti terkait dengan kredit Anda silahkan ditanyakan ke PT atau lembaga keuangan pemberi kredit)

TIPS
1.       Pastikan sebelum berangkat ke Taiwan sudah memahami dokumen Surat Pernyataan Biaya Penempatan (jelas ini ditandatangan oleh masing-masing pihak), sering kali TKI tidak membaca ini, jangan langsung tanda tangan, pastikan dulu mengetahui berapa besar total plafond pinjaman yang disepakati.
2.       Pastikan total utang biaya penempatan terhitung dalam Surat Pernyataan Biaya tersebut. Bila ada utang tambahan di luar itu silahkan ditanyakan ke PT.
3.       Bila memerlukan penjelasan tambahan hubungi atau email saya.

Demikian semoga bermanfaat.

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE SAVE PMI Taiwan

加入好友

HUBUNGI KAMI

加入好友