SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan

Cari Info, contoh : gaji

03 June 2017

Safari Ramadhan KDEI 2017 dimulai dari Daerah Selatan Taiwan



Donggang (03/06/17), KDEI di Taipei melaksanakan acara luar kantor perdana yang merupakan merupakan rangkaian Safari Ramadhan KDEI Tahun 2017. Acara silaturahmi dan Buka Puasa Bersama dengan WNI tersebut dihadiri oleh ratusan TKI dan mahasiswa di Kaohsiung dan Donggang.
https://3.bp.blogspot.com/-UitUWOoBfIE/WP4QjDT4zyI/AAAAAAAADDE/DGC9-6XXOcYUMh14UUJr2QZMfloJVcUNACLcB/s320/construction.jpgDiawali dengan silaturahmi dan diskusi dengan WNI tepatnya di Masjid Besar Kaohsiung. Berbagai hal dibahas seputar kekonsuleran, ketenagakerjaan, pendidikan WNI/WKI dan pelayanan lainnya yang dilakukan oleh KDEI di Taipei.
Pada kesempatan tersebut, Tim KDEI sempat menjenguk TKI sakit yang sedang dirawat di rumah sakit Veteran di Kaohsiung. Dilanjutkan dengan peninjauan lokasi untuk rencana pembukaan Shelter KDEI di Kaohsiung. Bangunan yang dekat dengan kantor BLA Kaohsiung tersebut secara umum dinilai memenuhi syarat sebagai bangunan shelter. Selanjutnya KDEI di Taipei menunggu peninjauan dan pemeriksaan kelayakan oleh dinas terkait di Taiwan yakni dari BLA dan Tata Ruang. Diharapkan dengan adanya shelter baru tersebut nantinya dapat mempermudah dalam akses pelayanan perlindungan TKI di daerah selatan Taiwan.
KDEI di Taipei melanjutkan perjalanan menuju Donggang. Pada kesempatan tersebut, sempat meninjau masjid Annur Donggang. Masjid baru tersebut merupakan masjid yang dibeli dan dibangun dari dana yang dikumpulkan oleh para TKI di Taiwan.
Dalam kesempatan tersebut, KDEI di Taipei bertemu dengan salah satu Anggota Satgas TKI yang mengalami sakit kecelakaan kerja. Saat ini kondisinya dalam pemulihan (recovery) setelah menjalani perawatan.
Menjelang berbuka puasa, KDEI di Taipei menyapa warga yang ada di Pelabuhan Donggang. Dilanjutkan dengan acara berbuka puasa bersama TKI yang mayoritas ABK Nelayan yang berada di lokasi tersebut, ditambah dengan beberapa mahasiswa yang berasal dari daerah Pintung.
Menjelang berbuka puasa, jamaah dari empat penjuru berdatangan memenuhi tempat acara di Pelabuhan Pintung. Suguhan berbuka puasa ala ABK Donggang terasa nikmat dan lezat. Beberapa saat kemudian, terdengar kumandang azan yang merdu, dilantunkan oleh seorang ABK Nelayan, membuat bulu kuduk merinding mengetuk hati, seolah menjadi panggilan dahsyat bagi beberapa rekan ABK untuk bersegera merapat di pelabuhan untuk menunaikan ibadah Sholat Magrib berjamaah.
Setelah sholat magrib berjamaah, Kepala KDEI di Taipei memberikan sambutan. Beberapa point penting yang disampaikan antara lain terkait dengan kenyaman dalam beribadah dalam bulan suci Ramadhan. KDEI di Taipei bersurat ke pemerintah Taiwan di seluruh wilayah agar dapat memberikan izin untuk melaksanakan ibadah Sholat Idul Fitri, termasuk agar dapat difasilitasi tempat untuk pelaksanaan sholat tersebut. Selain itu nantinya akan diumumkan secara resmi di website KDEI tentang surat izin sholat Idul Fitri yang nantinya dapat diperlihatkan kepada majikannya masing-masing. Beliau juga mengajak agar selalu menjaga silaturahmi dan persaudaraan sesama WNI di Taiwan. Terkait dengan pelayanan, KDEI di Taipei berusaha seoptimal mungkin untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada WNI di Taiwan. Disampaikan juga kepada jamaah dapat memberikan feedback untuk perbaikan pelayanan yang ada selama ini.
Dilanjutkan dengan penyampaian teknis dan diskusi terkait ketenagakerjaan yang dipandu langsung oleh Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Devriel Sogia Raflis. Beberapa point yang mengemuka yang dipertanyakan oleh TKI antara lain seputar pengembalian sisa pajak yang kadang tidak diserahkan ke TKI, layanaan perpanjangan paspor, klaim asuransi TKI, perpanjangan perjanjian kerja tanpa pulang, serta persoalan gaji ABK Nelayan. Semua pertanyaan dijawab dengan tuntas dan tampak TKI antusias mendengarkan penjelasan. Karena keterbatasan waktu, pertanyaan selanjutnya serta berbagai laporan pengaduan lainnya nanti akan disampaikan dan ditindaklanjuti oleh Asisten Senior Bidang Ketenagakerjaan, Kadir yang turut hadir juga pada forum tersebut.
Untuk Safari Ramadhan berikutnya akan dilaksanakan di Tainan (19 Juni 2017), dan berakhir di Taichung (17/07/2017). Sedangkan untuk wilayah Taipei dan sekitarnya WNI/TKI bisa menghadiri silaturahmi dan buka puasa bersama rutin setiap Jumat malam selama bulan suci Ramadhan.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan persaudaraan, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia yang ada di Taiwan, serta terlindunginya dan terpenuhinya hak-hak WNI/TKI selama berada di Taiwan. Amin

Dokumentasi :










Link Lain : Website KDEI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE SAVE PMI Taiwan

加入好友

HUBUNGI KAMI

加入好友