SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

Pencarian Khusus Google

21 July 2017

BNP2TKI Buka Pelayanan Kantor P4TKI Pati


Pati, BNP2TKI, Jumat (21/07/2017) - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) resmi membuka kantor P4TKI Pati di Jalan Supriyadi no 134, Pati, Jawa Tengah. P4TKI Pati merupakan kantor layanan yang beroperasional dibawah koordinasi BP3TKI Semarang.

Kepala BP3TKI Semarang, Suparjo, dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan P4TKI Pati ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelyanan kepada masyarakat terutama untuk calon TKI dan keluarga TKI yang tinggal didaerah wilayah Pati dan sekitarnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara dan Blora.

Selain itu, Kabupaten Pati merupakan salah satu daerah potensi TKI dengan rata rata penempatan 1.300 - 2.000 TKI yang berangkat keluar negeri tiap tahunnya, Namun pada tahun 2016, ada sekitar 3.391 TKI yang berangkat bekerja ke luar negeri.

Peresmian P4TKI Pati diresmikan oleh Sekretaris Utama BNP2TKI, Hermono. Dalam sambutannya, Hermono mengatakan bahwa pelaksanaan pelayanan dan perlindungan memerlukan kerjasama para instansi terkait untuk memberikan kemudahan dalam proses pemberangkatan CTKI ke luar negeri.

TKI asal Pati merupakan daerah yang sukses memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia, contohnya TKI purna yang memiliki usaha peternakan ayam yang cukup besar ada di Kab. Pati. Namun masih banyak juga TKI yang berangkat secara non prosedural yang akhirnya mendapat banyak masalah di luar negeri.  Oleh karena itu, dibukalah P4TKI Pati untuk mengurangi TKI yang berangkat bekerja ke luar negeri secara ilegal.

Peresmian P4TKI Pati turut dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kab. Pati yang diwakili oleh Kabag Kesra Kab. Pati Heri Prasetyo, Direktur Kerjasama dan Verifikasi Dokumen Penempatan BNP2TKI Dr. Haposan Saragih, Biro Organisasi dan Kepegawaian BNP2TKI, Disnaker Pati, Rembang, Kudus, Jepara dan Blora, serta Imigrasi Kelas II Pati, PPTKIS pusat dan cabang sekitar wilayah Pati, Asuransi Jasindo, RSUD RAA Soewondo Pati, RS Keluarga Sehat Pati dan CTKI wilayah Pati.

Koordinator P4TKI Pati, Rinto Srimulyono, menambahkan bahwa P4TKI Pati akan memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya calon TKI terkait verifikasi dokumen keberangkatan CTKI, penyelenggaraan Pembekalan Akhir Pemberangkatan.

Sumber : BNP2TKI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友