SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

Pencarian Khusus Google

21 August 2017

Even Sosialisasi dan Apresiasi TKI, KDEI Taipei Kembali Gelar Festival Budaya Nusantara



Banqiao - New Taipei City, BNP2TKI (20/08/17) Pagelaran Festival Budaya Nusantara 2017 yang dihelat di New Taipei City, Taiwan, 20 Agustus 2017, berlangsung meriah. Ribuan pengunjung yang sebagian besar adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) hadir dalam even hasil kerjasama antara Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Pemerintah Kota New Taipei City, dan sponsor.
Perhelatan Festival Budaya Nusantara 2017, berlangsung di bawah terik matahari dengan suhu sekitar 36°C. Sekitar pukul 11.00, para pengunjung mulai berdatangan memadati Alun-alun Balai Kota New Taipei City. Acara yang diadakan rutin setiap tahun ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada para TKI di wilayah New Taipei City.
Kepala KDEI di Taipei, Robert J Bintaryo, menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi sekaligus berterimakasih dengan adanya kegiatan positif Festival Budaya Nusantara 2017 ini. “Kami juga berpesan kepada para TKI untuk selalu mentaati aturan pemerintah yang berlaku,” tandasnya dalam sambutan di hadapan ribuan TKI. 
Menurutnya, jumlah TKI yang bekerja di Taiwan saat ini sekitar 253.000 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini merupakan potensi untuk memperkenalkan budaya Indonesia secara luas ke masyarakat Taiwan. Dengan mengenal budaya Indonesia, diharapkan majikan semakin memahami tradisi dari tenaga kerja sehingga diharapkan kesalahpahaman terutama menyangkut tradisi dan adat istiadat antara kedua belah pihak tidak akan terjadi. 
Sementara itu, Walikota New Taipei City, Mayor Eric Zhu menyampaikan, hingga saat ini jumlah TKI di wilayah New Taipei City mencapai 43.000 TKI. Jumlah yang tidak sedikit, namun dalam kesehariannya dapat tercipta hubungan yang harmonis antara majikan dan TKI. “Halo, apa kabar?,” ujarnya dalam Bahasa Indonesia yang fasih menyapa disambut gemuruh hadirin.
Pihaknya berharap, hubungan yang telah terjalin dengan baik ini dapat berlangsung seterusnya. Karena, menurutnya, TKI telah menjadi bagian dari keluarga besar New Taipei City. Festival Budaya Nusantara 2017 ditandai dengan pemotongan tumpeng.
Festival Budaya Nusantara 2017 dibuka dengan penampilan Stretta Music yang menghentak nasionalisme dengan lagu-lagu seperti, “Garuda Pancasila”, “Indonesia Raya”, dan “Gebyar-Gebyar”. Perhelatan semakin meriah dengan pertunjukan tari Rantak dan Kayau.
Dalam even tersebut, KDEI Taipei mengisi 4 (empat) booth yang dikunjungi oleh ribuan TKI untuk mensosialisasikan program-program unggulan KDEI Taipei, antara lain perlindungan TKI, sosialisasi asuransi TKI bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan, promosi TKI serta info penting lainnya.
Di sela-sela rangkaian acara tersebut, pemandu acara (MC) sesekali menyampaikan konten-konten seputar ketenagakerjaan di Taiwan. Dengan harapan agar pesan utama even tersebut yakni sosialisasi ketenagakerjaan dapat dengan mudah dipahami oleh TKI.
Sebagai pamungkas, penampilan ADA Band dari Indonesia benar-benar menghipnotis pengunjung. Membuka penampilan dengan menyanyikan lagu “Tanah Airku”, Donnie Sibarani kemudian menghentak dengan lagu-lagu andalan seperti: “Karena Wanita Ingin Dimengerti”, “Surga Cinta”, “Masih (sahabatku, kekasihku)”, “Pemujamu”, “Manusia Bodoh”, serta beberapa lagu hits lainnya.
Acara berlangsung dengan tertib dan damai sampai pada pukul 16.50 waktu setempat.

Sumber : BNP2TKI


Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友