SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan

Cari Info, contoh : gaji

08 October 2017

Apa saja Hak-Hak ABK LG (Letter of Guarantee) ?

Source : Greenpeace USA

ABK LG, adalah satu satu ABK Nelayan yang bekerja pada kapal-kapal long line, biasanya berlayar bulanan. Metode penempatannya tidak terdaftar di BNP2TKI, artinya tidak sesuai prosedur yang ditempatkan sebagaimana UU 39 Tahun 2004.

ABK LG berbeda dengan ABK Teritorial di Taiwan. ABK Teritorial diatur dalam skema P to P (antar PT di Indonesia dan Agensi Taiwan), sedangkan ABK LG tidak diatur, dari kontrak kerja biasanya hanya ditandatangani oleh ABK dan pemilik kapal tanpa endorsment Perwakilan RI.

Resikonya sangat besar jika menjadi ABK LG, tak jarang masuk pengaduan permasalahan yang sulit diselesaikan. Hal ini karena pihak pemilik kapal atau agensinya begitu ada masalah biasanya menghindar atau tidak ada itikad baik menyelesaikan permasalahan. Namun sebagian ada juga yang kooperatif, artinya penuh ketidakpastian jika bekerja di bidang ini.

Penempatan ABK LG ini sulit dikendalikan dari dalam negeri. Namun bagaimanapun adalah bagian dari WNI yang perlu mendapatkan perlindungan.


Nah bagi yang sudah terlanjur menjadi ABK LG berikut ini beberapa hak-hak yang perlu diperhatikan.

Saat bekerja pada kapal ikan Taiwan, Anda wajib memahami hak-hak Anda yang tertera di bawah ini -- 印尼文版

    您在台灣漁船工作,需瞭解有關您的下列權益:
    Saat bekerja pada kapal ikan Taiwan, Anda wajib memahami hak-hak Anda yang tertera di bawah ini:
    • 1.您應與船主及仲介(倘有的話)各簽訂一份契約。
    • 1.Anda seharusnya membuat dan menandatangani sebuah surat perjanjian dengan pemilik kapal dan agensi (bila ada) secara terpisah.
    • 2.您的每月薪資不應低於450美元。
    • 2.Nilai upah bulanan Anda seharusnya tidak boleh lebih rendah dari US$ 450.
    • 3.船主應為您投保意外、醫療及一般身故保險,一般身故保險金額不應低於新臺幣100萬元。
    • 3.Pemilik kapal seharusnya menyediakan asuransi kecelakaan kerja, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa bagi Anda, nilai asuransi jiwa seharusnya tidak boleh lebih rendah dari NT$ 1 juta.
    • 4.您的每日休息時間不應低於10小時;每月休息不應低於4日,但經雙方約定,可另安排補休。
    • 4.Waktu istirahat Anda seharusnya tidak boleh kurang dari 10 jam setiap hari, waktu istirahat setiap bulan seharusnya tidak boleh kurang dari 4 hari, akan tetapi, melalui kesepakatan di antara kedua belah pihak, maka waktu istirahat pengganti dapat diatur kemudian.
    • 5.您若遭遇勞資爭議、不當對待或人身侵害等情形,可透過1955勞工申訴諮詢專線(國外可撥打:+886-2-8073-3141)、我國駐外館處、我國觀察員及駐外專員等提出申訴。
    • 5.Apabila Anda mengalami hal-hal seperti perselisihan antara majikan dan karyawan, perlakuan yang tidak layak, ataupun mengalami cedera atau kekerasan secara fisik, maka pengaduan dapat dilakukan melalui saluran khusus pengaduan dan konsultasi bagi buruh di nomor 1955 (dari luar negeri, hubungi: +886-2-8073-3141), perwakilan Taiwan yang berada di luar negeri, para pengamat dan pejabat tinggi Taiwan yang bertempat di luar negeri.

    • Sumber : Badan Perikanan Taiwan

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE Pengaduan TKI Taiwan

加入好友

HUBUNGI KAMI

加入好友