SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan

Cari Info, contoh : gaji

24 April 2018

LP3TKI Kendari Bimtek 25 PMI Purna Berwirausaha dan Mengelola Keuangan


Foto Bersama Kepala LP3TKI Kendari, Yohanis Anderias Selan (Tengah), Kepala Seksi Rehabilitasi, Dyah Pramani Retnowati, (Sebelah Kiri Kepala LP3TKI Kendari), dan Analisa Perlindungan dan Pemberdayaan TKI , Fenti Nirpikasasri, (Sebelah kanan Kepala LP3TKI Kendari), Serta Peserta dan Panitia Edukasi Pemberdayaan Terintegrasi
Kendari, BNP2TKI, Selasa (24/4/2018)___Dalam rangka memberdayakan PMI Purna di Sulawesi Tenggara  BNP2TKI melalui LP3TKI Kendari  menyelenggarakan kegiatan  pemberdayaan terintegrasi bagi PMI Purna dan Keluarganya. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar PMI purna mengubah mindset untuk tidak kembali bekerja menjadi PMI di Luar Negeri. “Harapan kami dengan kegiatan Bimbingan Teknis ini dapat memberikan motivasi dan pengetahuan bagi PMI purna untuk memiliki ide usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerahnya dan membuka lapangan usaha sendiri.

 Edukasi Pemberdayaan terintegrasi bagi TKI Purna dan Keluarganya bertujuan untuk mewujudkan TKI EMAS. “pemberdayaan E adalah agar Ekonomi PMI Meningkat, M adalah Mandiri dalam berwirausaha tanpa harus bekerja lagi keluar negeri, A adalah aman dalam mengembangkan usaha/ berusaha dan S adalah Sejahtera bersama keluarga. Kegiatan tersebut  berlangsung selama 6 (enam) hari yakni dari tanggal 17-22 April 2018, di Zenith Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara dan diikuti oleh 25 orang peserta.

Dalam kegiatan ini dihadiri perwakilan dari BNP2TKI yakni Kepala Seksi Rehabilitasi, Dyah Pramani Retnowati dan Kepala Seksi Analisa Perlindungan dan Pemberdayaan TKI, Fenti Nirpikasari. Selain itu, hadir pula stakeholder terkait; Kadisnakertrans Prov.Sultra bapak Saemu Alwi, Perbankan/ BRI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada dasarnya mereka merespon sangat positif kegiatan ini, karena dapat menumbuhkan wirausahawan baru dengan berbagai ide usaha dan membuka peluang kepada PMI Purna untuk mengembangkan Usaha di daerah asal setelah kegiatan ini berlangsung. Demikian sambutan Kepala LP3TKI Kendari, Yohanis Anderias Selan, S.Sos dalam acara penutupan kegiatan tersebut.

Kegiatan Bimtek ini pula menghadirkan motivator sekaligus wirausahawan Sukses Ud.Mubarak, Abd.Muhaimin dan juga Mitra Lokal, UD Mitra Citra Permata  Kendari yakni Ibu Haerana Amin.   Salah satu produk olahan yang diajarkan oleh Mitra Lokal dalam kegiatan ini adalah Empek-empek Kapal  Selam dan Kue Bagea. “Kedua produk ini bahannya bahannya sangat mudah dan tersedia di sekitar kita, cara olahan juga gampang", ungkap Haerana Amin.

Selanjutnya, LP3TKI Kendari juga menghadirkan narasumber dari UMKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara mengenai kemasan produk dan pemasaran hasil produk usaha. Untuk mengelola keuangan dan mengelola pinjaman serta menabung  peserta telah dihadirkan trainer  dan narasumber yang memiliki kompotensi dibidangnya yakni trainer LP3TKI Kendari dan trainer Bank BRI untuk menabung dan mengelola pinjaman.

Kesan para peserta yang mengikuti kegiatan  sangat baik terhadap program kegiatan ini.  Mereka sangat berterima kasih kepada BNP2TKI yang telah memberikan ilmu untuk memulai usaha dan mengelola hasil usaha dengan baik, harapannya kegiatan ini menjadi acuan lembaga lain untuk bersinergi mengembangkan usaha  PMI.
“Kegiatan edukasi yang dilaksanakan selama kurang lebih enam hari ini kiranya dapat menambah pengetahuan PMI purna untuk memulai usaha, yang terpenting adalah mengaplikasikannya nanti dalam berusaha setelah sampai di daerah asal. Humas LP3TKI Kendari. **(Humas)

Sumber : BNP2TKI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE SAVE PMI Taiwan

加入好友

HUBUNGI KAMI

加入好友