SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan

Cari Info, contoh : gaji

20 May 2018

KDEI Taipei Gencar Lakukan Sosialisasi Sistem Online Perpanjangan Kontrak dan Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan


Taipei, KDEI (21/05/18) – Pasca dilakukan soft launching Sistem Online Perpanjangan Kontrak (SIPKON) tanggal 1 Mei 2018 lalu, KDEI Taipei terus melakukan sosialisasi guna memberikan pemahaman serta teknis dalam pendaftaran sistem online. Upaya dilakukan melalui penyebaran informasi melalui website KDEI Taipei, media sosial, maupun sosialisasi langsung terhadap agensi penempatan PMI ke Taiwan. Minggu lalu tepatnya Rabu (16/05/18), Sosialisasi lanjutan terhadap agensi kembali digelar di aula lantai 6 KDEI Taipei. Sekitar 200 agensi dari Taipei dan sekitarnya turut hadir dalam acara ini.

Diawali dengan sambutan Ibu Sri Indah Wijayanti selaku Kabid Naker disampaikan tentang manfaat dan urgensi pemanfaatan sistem online guna memberikan kemudahan pelayanan berbasis online kepada PMI Taiwan. Selanjutnya dalam penjelasan teknis dipandu langsung oleh Bapak Farid Ma’ruf dan Kadir. Pembahasan teknis dipusatkan pada tata cara pendaftaran online. Dijelaskan bahwa dalam layanan baru berupa sistem online tersebut (SIPKON), dibagi dalam 4 tahap yakni persiapan, pendaftaran, pembayaran dan verifikasi.

Pada tahap persiapan yakni PMI/majikan/agensi terlebih dahulu menyiapkan dokumen persyaratan selanjutnya discan dalam bentuk gambar (jpg). Selanjutnya dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran bila sudah lengkap persyaratannya. Dalam tahap pendaftaran disampaikan juga detail teknisnya serta beberapa hal yang perlu dihindari untuk kelancaran registrasi. Beberapa kendala yang ditemukan oleh agensi selama penggunaan sistem langsung dijelaskan.

“Intinya bahwa beberapa field isian harus diisi dengan lengkap dengan data yang benar”, tegas Farid Ma’ruf dalam pemaparannya. Setelah pendaftaran selesai dilanjutkan dengan pembayaran. Pada acara tersebut langsung dijelaskan oleh perwakilan BNI dan BRI di Taiwan, termasuk video tutorial pembayaran melalui ATM serta mobile banking.

Dengan adanya pemberlakuan sistem online ini diharapkan dapat lebih memudahkan PMI dalam pendataan kembali bagi yang melakukan perpanjang kontrak, mengasuransikan PMI dalam skema program jaminan sosial sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. “Bagi PMI yang pulang cuti nantinya tidak perlu lagi mengurus dokumen pada kantor BP3TKI atau kantor yang ditunjuk lainnya karena semua tahapan pendaftaran ke dalam SISKOTKLN dan BPJS Ketenagakerjaan telah dilakukan pada KDEI Taipei”, ujarnya dalam mengakhiri paparannya.

Secara berturut-turut acara yang sama juga digelar di Kaohsiung (17/05/18) dengan peserta sekitar 200 orang serta Taichung (18/05/18), dengan peserta sebanyak 220 orang. Kini peserta sudah memahami tata cara pendaftaran ke dalam sistem tersebut. Terhitung sampai dengan Senin (21/05/18), jumlah permohonan yang tercatat ke dalam sistem meningkat secara signifikan.

Sumber : KDEI Taipei

Juga diberitakan di : BNP2TKI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE SAVE PMI Taiwan

加入好友

HUBUNGI KAMI

加入好友