SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan

Cari Info, contoh : gaji

13 May 2018

Tingkatkan Pembinaan PMI Taiwan, KDEI Taipei hadir dalam Kegiatan Komunitas PMI di Guanyin


Guanyin, KDEI (13/05/18) — Kepala KDEI Taipei, Bapak Robert James Bintaryo hadir dalam acara komunitas PMI di bilangan Guanyin, kawasan Taoyuan. Acara yang digagas komunitas PMI yang umumnya pekerja migran Indonesia sektor manufaktur ini mengusung tema : “Bersatu dalam Harmoni PMI se Guanyin. Sekitar 943 PMI dari 48 pabrik di sekitar Guanyin bergabung dalam wadah ini sebagai jembatan silaturahim guna mempererat persaudaraan diantara PMI serta komunitas sosial guna meringankan atau membantu bila ada rekan PMI yang mengalami kemalangan misalnya sakit atau kecelakaan kerja.

Sekitar pukul 10.00 ratusan hadirin dari Guanyin dan sekitarnya sudah memadati tempat acara. 
Dalam sambutannya, Kepala KDEI Taipei menghimbau agar kepada PMI dan hadiri hendaknya tetap bersatu, menjaga kerukunan, kebersamaan, persaudaraan dan silaturahmi sesama PMI di Taiwan.
“Diharapkan dengan saudara-saudara bekerja di Taiwan ini dapat meningkatkan perbaikan ekonomi keluarga, dapat melanjutkan pendidikan anak, intinya bahwa ada hasil jerih payah selama bekerja”, ujarnya dalam menyemangati PMI.

Disampaikan juga seputar statistik penanganan permasalahan PMI di Taiwan dua tahun terakhir. Melalui forum seperti ini diharapkan PMI dapat lebih bersatu, dan bahwasanya PMI di Taiwan tidak sendirian, kurang lebih 300.000-an  WNI ada di Taiwan yang terdiri dari PMI, WNI kawin campur (mix marriage), serta siswa/mahasiswa. Oleh karena turut diingatkan bilamana ada masalah selama bekerja diharapkan PMI dapat mengetahui saluran pengaduan di Taiwan.

Dalam upaya peningkatan pelindungan PMI, juga disampaikan bahwa sejak 1 Mei 2018 KDEI Taipei telah melakukan softlaunching sistem online perpanjangan kontrak dan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. Program Jaminan Sosial tersebut penting untuk memberikan proteksi atau jaminan selama bekerja di Taiwan. PMI sudah bisa memanfaatkan layanan baru KDEI Taipei berbasis online dimaksud.

Menyambut pesta demokrasi, Pemilu 2019 diharapkan hadirin juga dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu tersebut. Olehnya itu dihimbau juga agar melakukan pendaftaran pada petugas Pantarlih yang tersebar di seluruh wilayah Taiwan.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Bagian Administrasi Bapak Tri Djuliyanto dan Asisten Senior Bidang Tenaga Kerja, Kadir.

Setelah sambutan Kepala KDEI Taipei, acara yang dihadiri oleh ratusan PMI ini dilanjutkan dengan perform budaya Reog Ponorogo, musik dan tari tradisional serta door prize.

Dokumentasi : 
 






Sumber : KDEI Taipei

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE SAVE PMI Taiwan

加入好友

HUBUNGI KAMI

加入好友