SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

Pencarian Khusus Google

03 October 2018

Festival Budaya Nusantara 2018 Menghadirkan Siti Badriah Sukses Digelar di Taiwan

PMI duet dengan SiBad dalam ajang Festival Budaya Nusantara (dok : Kadir)

Banqiao, New Taipei City, SP (30/09/18)  – Belasan ribu PMI Minggu siang tumpah ruah di Alun-alun Pemerintah Banqiao, Kota New Taipei City, Taiwan. PMI sudah memadati acara sejak pagi menantikan perform budaya nusantara serta acara penutup yakni perform Siti Badriah.

Siti Badriah langsung mengobarkan histeria massa dengan lagu pembuka “Bara Bere” dan beberapa lagu hits lainnya yang langsung disambut koor berkepanjangan ribuan penonton yang rata-rata hafal dengan lirik lagu ciptaan Endang Raes ini. Alhasil, lapangan Alun-alun Banqiao yang persis berada di jantung kota New Taipei ini tumpah ruah, penuh sesak oleh penonton yang sebagian besar adalah PMI dari berbagai wilayah di Taiwan seperti: Taipei, New Taipei City, Kaohsiung, Tainan, Taichung, Taoyuan, dan sekitarnya.

Mengenakan kebaya gold dipadu bawahan batik coklat berjuntai, pedangdut yang sebelumnya tampil di closing ceremony Asian Games 2018, unjuk performa full enerjik di Taiwan. Lagu “Lagi Syantik”, yang saat ini telah ditonton tak kurang dari 372 juta penonton Youtube ini pula yang menutup kemeriahan “Festival Budaya Nusantara 2018”.
Walikota New Taipei City, Mayor Eric Chu dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada puluhan ribu Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di wilayahnya. “New Taipei City memiliki kedekatan dengan Indonesia, dikarenakan banyak perusahaan di wilayah ini yang expand ke Indonesia. Kami sampaikan terima kasih kepada para pekerja asal Indonesia yang jumlahnya sekitar 40 ribu di sini,” ucapnya.

Festival Budaya Nusantara merupakan perhelatan gemilang yang diselenggarakan tahunan, hasil kerja sama antara Pemerintah New Taipei City dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, didukung penuh sponsor. Tak hanya menampilkan SiBad. Kemeriahan acara yang dibuka dengan tarian Bajidor Kahot dari Jawa Barat, perfom live musik serta diisi penampilan kocak stand up comedy Dodit Mulyanto, fashion show pakaian tradisional Indonesia, sosialisasi Pemilu serta Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam festival ini, KDEI Taipei juga membuka layanan konsultasi/konseling langsung seputar ketenagakerjaan, perlindungan PMI dan program menarik lainnya. Turut hadir BPJS Ketenagakerjaan Jakarta guna memberikan sosialisasi tentang manfaat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang saat ini sudah bisa daftar langsung di Taiwan sejak 1 Mei lalu. Sebagai informasi bahwa BPJS Ketenagakerjaan untuk PMI yang perpanjang kontrak untuk pertama kalinya di luar negeri diselenggarakan di Taiwan sejak 1 Mei 2018 berbasis online, terintegrasi dengan SISKOTKLN BNP2TKI, dan Perbankan di Indonesia.

“Kepada para pekerja migran asal Indonesia, kami imbau selalu ingat tujuan utama berada di Taiwan adalah berjuang untuk bekerja demi penghidupan yang lebih baik di masa depan. Kita tunjukkan bahwa warga Indonesia adalah warga yang tertib,” ujar Kepala KDEI Taipei, Didi Sumedi dalam sambutannya (Untung/Kadir).

Juga diberitakan di :



Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友