SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

29 October 2018

Resiko Bagi PMI Jika Tidak Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Source : google image

Sobat PMI Taiwan,

Banyak yang menanyakan apa resiko jika tidak daftar program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan PMI atau bahasa singkatnya Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Kira-kira begini penjelasannya.

Bagi PMI yang baru datang ke Taiwan sudah otomatis didaftarkan Asuransi BPJS Ketenagakerjaan (bagi yang berangkat di atas Agustus 2017, sedangkan di bawah tanggal itu masih menggunakan Asuransi Konsorium Jasindo, Astindo dan Mitra TKI).

Nah bagi yang perpanjang kontrak di Taiwan nih, begitu finish kontrak maka salah satu yang ikut finish adalah Asuransi. Coba masing-masing cek kartu Asuransinya. Nah jika sudah expired (habis), harus mengurus kembali Asuransi PMI, yang kini sudah bertransformasi menjadi Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Nah, bagaimana jika mengabaikan, misalhnya "Ah saya ngga usah saya daftar, toh juga bisa balik lagi ke Taiwan !", nah tunggu dulu. Tentunya setiap keputusan ada resikonya

Pertimbangkan bahwa tidak selamanya kadang bekerja di Taiwan mulus, ada kadang resiko-resiko yang tidak pernah kita tahu.

Langsung saja, bahwa resiko jika tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah tidak adanya jaminan perlindungan terhadap PMI. Jaminan saat ini adalah jaminan dari resiko kecelakaan kerja, serta jaminan kematian.

Bagaimana mau dicover asuransi bila terjadi resiko bila tidak mendaftar ! Tolong dipikirkan.

Untuk itu sesuai amanat Permenaker 07 Tahun 2017 tentang Program Jaminan Sosial TKI maka diwajibkan bagi setiap PMI untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Info lebih lanjut dapat dibaca di blog ini atau melalui ID Line :@savepmitaiwan.

Semoga bermanfaat.


Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友