SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BNP2TKI, Agar Selalu Waspada!

Cari Info Cepat !

15 February 2019

BP3TKI Lampung Gaet Pegadaian Bantu PMI Purna Perluas Peluang Bantuan Permodalan Usaha


Paparan PT. Pegadaian dan BP3TKI Lampung kepada PMI
Lampung Timur, BNP2TKI, Senin (11/2/19) – BP3TKI Lampung kembali gandeng stakeholder BUMN untuk lakukan penyuluhan pembiayaan usaha bagi PMI Purna di Lampung Timur. BP3TKI Lampung bekerja sama dengan PT. Pegadaian (Persero) dalam mensosialisasikan produk-produk layanannya yang beragam kepada PMI Purna hasil binaan BP3TKI Lampung di Balai Desa Taman Endah, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

50 orang peserta yang hadir terdiri dari CO KKBM Lampung Timur dan PMI Purna yang telah memiliki usaha dan merupakan PMI Purna yang dulunya pernah mengikuti kegiatan pemberdayaan yang diselenggarakan oleh BP3TKI Lampung. Sebagian besar para wirausaha di Desa Taman Endah merupakan pengusaha di bidang pertanian dan peternakan serta telah memiliki usaha yang cukup mapan. Beberapa PMI Purna merupakan PMI yang pernah bekerja di Korea Selatan dan berkecimpung dalam usaha budidaya ikan lele binaan kegiatan pemberdayaan PMI Purna BP3TKI Lampung.

Adalah Suwanto, salah satu peserta sukses yang konsisten pascakegiatan pemberdayaan BP3TKI Lampung tahun 2016, memberikan sebuah motivasi ketika ditanyai narasumber PT. Pegadaian (Persero), “mencari kerja tidak harus ke kota, rejeki ditebarkan Tuhan dimana saja, tidak hanya di kota, termasuk di desa, rejeki pasti ada”, ujarnya. Tekadnya untuk menjadi wirausaha di kampungnya sendiri telah mengantarkan Suwanto hingga mampu mengelola 35 kolam lele sampai dengan saat ini.  

Nediansyah, Asisten Manajer Penjualan PT. Pegadaian (Persero) Area Lampung menjelaskan terkait 19 jenis layanan yang dimiliki oleh Pegadaian, tidak hanya produk gadai, instansi BUMN yang telah berusia 118 tahun ini juga memiliki layanan kredit usaha untuk pembiayaan mikro, antara lain produk pinjaman ‘Kreasi’ yang merupakan pinjaman dengan angsuran setiap bulan untuk pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan produk pinjaman ‘Kreasi Fleksi’ yang merupakan pinjaman yang diperuntukan bagi pengembangan usaha sektor agribisnis atau peternakan dengan sistem pembayaran sekali bayar atau bayar berjangka per 3, 4 atau 6 bulan. Pinjaman ini merupakan pinjaman dengan sistem bayar saat panen atau biasa disebut pembiayaan musiman. Syarat mendasar kedua produk pinjaman ini yaitu memiliki usaha dan memiliki kendaraan dengan BPKB sebagai jaminan.

Seluruh peserta pada kegiatan ini mendapat privilege untuk dibukakan Tabungan Emas secara cuma-cuma atau bebas biaya pembukaan dari Pegadaian. Antusiasme tampak dari sebagian peserta ketika beberapa pertanyaan bermunculan terkait proses pengajuan pinjaman dan prosedur apabila ingin melakukan percepatan pelunasan.

Desa Taman Endah merupakan lokasi berdirinya Koperasi PMI Purna pertama inisiasi BNP2TKI. Untuk saat ini PT. Pegadaian (Persero) belum dapat melayani jenis pembiayaan bagi koperasi karena program pembiayaan masih fokus pada pembiayaan orang per orang, namun ke depan, PT. Pegadaian diprediksi akan mulai merambah pula pada sektor tersebut.

Kepala BP3TKI Lampung, Ahmad Salabi, S.H., M.M. menjelaskan dalam sambutannya bahwa BP3TKI Lampung akan terus memperluas jejaring kerja sama dengan mitra kerja melalui pertemuan-pertemuan semacam ini. "Peluang kerjasama akan terus dibangun dengan stakeholder, mari kita manfaatkan kesempatan ini agar dapat membantu para PMI Purna terkait masalah permodalan sehingga semakin meningkatkan ekonomi keluarga PMI Purna binaan BP3TKI Lampung" Tutup Salabi

BNP2TKI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer