SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Cari Info Cepat !

11 February 2019

Talkshow Ketenagakerjaan Bersama CLC Mart Taichung



Taichung, (10/02/19) -- Talkshow ketenagakerjaan (bincang-bincang ketenagakerjaan) digelar perdana oleh CLC Mart Taichung. Dalam even ini diramaikan oleh PMI dengan pentas seni musik.
Farid Ma’ruf dan Kadir hadir dalam  menyampaikan informasi ketenagakerjaan yang didengar langsung oleh para PMI yang hadir serta disiarkan live melalui chanel facebook CLC Mart yang disaksikan ribuan viewer.
Beberapa hal yang disampaikan antara lain :
·      Kebijakan pemutihan atau program penyerahan diri bagi PMI kaburan.
Periode Program dimulai sejak 1 - 1 - 2019 sampai dengan 30 - 6 - 2019 dengan ketentuan bahwa Bagi yang menyerahkan diri, maka tidak ditahan, membayar denda terendah sebesar NT$ 2.000, masa blacklist diperpendek. Sedangkan bagi yang tertangkap akan ditahan dan didenda terberat. Setelah Program Berakhir 1 - 7 - 2019  sampai seterusnya, akan ditahan sesuai peratuaran, denda diperberat, masa blacklist diperpanjang. Diharapkan PMI Kaburan dapat memanfaatkan program tersebut.
·      Kebijakan Perpanjangan Kontrak Tanpa Pulang
Jika mau memperpanjang kontrak ataupun tidak memperpanjang kontrak ketentuan yang harus diketahui adalah setelah masa kontrak berakhir, jika ingin melanjutkan pekerjaan pada majikan yang sama majikan harus memperbaharui permohonan pada waktu 2 – 4 sebelum kontrak berakhir. Jika tidak ingin memperpanjang kontrak tapi TKA masih tetap ingin bekerja maka majikan harus membantu mengajukan permohonan pergantian majikan sehabis kontrak.
Bila memilih untuk pulang, harus meninggalkan Taiwan sebelum masa kontrak  berakhir. Bila majikan sudah tidak mau mempekerjakan lagi tapi PMI masih ingin kerja di Taiwan, maka majikan wajib 2 s/d 4 bulan sebelum berakhirnya masa kerja, mengajukan surat permohonan dan dokumen sesuai ketentuan ke MOL Taiwan untuk mengurus habis kontrak pindah majikan. Nah sampai berakhir kontrak kerja Anda dan bila tidak ada yang memilih Anda untuk wawancara atau tidak ada yang merekrut Anda, maka Anda harus pulang kembali ke Indonesia. Jika majikan/agensi tidak membantu mendaftarkan perpanjangan kontrak dan pihak agensi tetap menyuruh kembali ke Indonesia maka PMI diharapkan dapat menyampaikan pengaduan bisa ke saluran 1955 atau konseling terdekat, atau bisa juga ke KDEI Taipei.
·      Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan
Bagi PMI yang sudah mempunyai persyaratan untuk pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dapat segera mendaftarkan diri melalui SIPKON KDEI, dapat dilakukan sendiri, dibantu agensi/majikan atau dapat juga melalui datang langsung ke KDEI Taipei.
Selain talkshow pada kesempatan itu, diakhiri dengan menyanyi bersama ROR Band, salah satu band popular di kalangan PMI Taiwan.


Dokumentasi lainnya :





Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE Penjawab Pertanyaan

加入好友