SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Cari Info Cepat !

23 March 2019

Dekatkan Pelayanan ke PMI, KDEI Taipei Gelar Sosialisasi dan Mobile Service di Taichung


Taichung, (17/03/19) – KDEI Taipei menyelenggarakan Sosialisasi dan Mobile Service di Taichung yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 – 16.00, minggu, 17 Maret 2019 yang digelar di Cultural Assets Bureau of the Ministry of Culture, Taichung 台中市南區復興路三段362
Sosialisasi dan Mobile Service dimaksudkan untuk mendekatkan diri pada pelayanan kepada masyarakat Indonesia di Taichung. Pelayanan terpadu tersebut meliputi pelayanan legalisir dokumen, pelayanan keimigrasian, dan pelayanan ketenagakerjaan.
Wakil Kepala KDEI Taipei, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk mendekatkan pelayanan dengan harapan masyarakat Indonesia di Taichung dapat memanfaatkan dengan baik dan secara langsung pelayanan seputar kekonsuleran ketenagakerjaan, keimigrasian, perlindungan WNI dan penerangan sosial budaya serta informasi pemilu.
Sosialiasi informasi Perlindungan WNI dan Pensosbud yang disampaikan oleh Kepala Bidang PWNI dan Pensosbud (Fajar Nuradi). Dalam kesempatan ini disampaikan informasi seputar jenis pelayanan khususnya bagi WNI di Taiwan antara lain pelindungan terhadap WNI yang mengalami permasalahan di Taiwan, serta perlunya WNI memanfaatkan aplikasi terkait dengan lapor diri dan Safe Travel.
Sosialiasi informasi Kekonsuleran disampaikan oleh Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian (Ernest Bj Tampubolon). Disampaikan seputar informasi tata cara legalisir dokumen, serta informasi tentang Pemilu 2019. Peserta yang hadir dihimbau agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 April 2019. Peserta mengeluhkan dan khawatir karena masih banyak yang belum terdaftar pada portal PPLN serta khawatir bila tidak menggunakan hak pilih dikarenakan isu teknis yakni pengiriman kartu suara belum sampai di alamat masing-masing maupun dikhawatirkan surat suara tiba di alamat setelah waktu pemilihan selesai.
Sosialisasi informasi dari Kepolisian Taichung, disampaikan seputar permasalahan umum yang sering terjadi di Taichung yang dilakukan oleh para Pekerja Migran. Umumnya tindak kriminal dipicu oleh minuman keras yang mengakibatkan perkelahian. Selain itu kepolisian juga menghimbau agar tidak mengendarai kendaraan bila setelah mengkonsumsi alkohol. Ancaman sanksinya adalah denda, kurungan dan deportasi. Dalam kesempatan ini peserta turut diingatkan agar dapat mengendalikan diri dan tidak melakukan pelanggaran hukum di Taiwan.
KDEI Taipei kembali meningkatkan koordinasi dengan kepolisian setempat mengingat Taichung sering terjadi perkelahian. Saat ini dibeberapa tempat, tim kepolisian meningkatkan pengawasan dan patroli keamanan untuk menjaga stabilitas di Taichung.
Sosialisasi informasi Ketenagakerjaan disampaikan oleh Analis Bidang Ketenagakerjaan (Farid Ma’ruf). Disampaikan seputar pertanyaan yang sering diajukan oleh PMI di Taiwan antara lain pindah majikan, perpanjangan kontrak dimintai biaya, ketentuan pajak, dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini untuk bisa melindungi diri sendiri, tahap pertama PMI harus terlebih dahulu mengetahui hak dan kewajiban dasar yang perlu diketahui. Aplikasi SAVE PMI Taiwan hadir untuk menyiapkan informasi terbaru seputar hak dan kewajiban serta kemudahan bagi PMI dalam mencari informasi dan menyampaikan pengaduan ke KDEI Taipei. Turut disampaikan juga fitur terbaru “chat bot”, sebagai mesin penjawab pertanyaan PMI yang hadir dalam berbagai versi antara lain versi Line, Whatsapp, Website, Telegram serta adanya Facebook Group SAVE PMI Taiwan dengan total member sebanyak 49.000 pengguna.
Setiap sesi sosialisasi dilanjutkan dengan komunikasi interaktif. PMI yang hadir sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Beberapa pertanyaan maupun saran dan kritik dapat ditanggapi dan dijelaskan oleh masing-masing narasumber.
Kegiatan serupa rencana akan dilaksanakan kembali di Kaohsiung pada tanggal 28 April 2019.

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE Penjawab Pertanyaan

加入好友