SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BNP2TKI, Agar Selalu Waspada!

Cari Info Cepat !

13 March 2019

Trik Menghemat dan Mengatur Keuangan Bulanan dari Gaji

Source : tstatic.net
Gajian adalah hari yang paling ditunggu para karyawan. Namun, tak sedikit yang merasakan gajian hanya numpang lewat saja. Banyak rencana yang dirancang saat akan gajian, nyatanya banyak yang sebelum akhir bulan sudah bingung sebab gaji telah habis.
Itulah mengapa pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan. Baik gaji kecil atau besar semua sudah pasti membutuhkan pengaturan keuangan yang baik.
Gaji yang sedikit jika dikelola dengan baik akan lebih bermanfaat kedepannya. Kuncinya adalah satu, disiplin saat mengatur keuangan, karena mengatur keuangan tidak ada ruginya tidak peduli seminim apapun gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya.
Anda bisa melakukan perencanaan anggaran bulanan, lalu mulai membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian; yaitu kebutuhan utama dan kebutuhan tambahan lainnya. Jika Anda membuat anggaran, otomatis pengeluaran akan jelas habisnya untuk apa.
Cara kedua yang bisa Anda lakukan yakni membuat skala prioritas, Anda bisa membuat daftar kebutuhan secara urut mulai dari yang paling diprioritaskan. Dengan begitu, akan terlihat nantinya berapa banyak jumlah kebutuhan yang harus dibayarkan terlebih dahulu.
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika gajian adalah segera membayar tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan rumah, tagihan kendaraan, dan lain-lainnya. Jangan pernah menunda untuk membayarkan tagihan, karena jika Anda tidak segera membayarnya di awal, yang ada nanti tagihan malah jadi menumpuk.
Penting untuk menabung, meskipun uang yang ditabung jumlahnya tidak besar, tetap saja paling tidak ada tabungan yang dimiliki. Untuk mempermudah Anda dalam menabung, Anda dapat menyisihkan gaji di awal untuk ditabung.
Jangan lupa simpan struk belanja setiap kali Anda selesai berbelanja. Lalu, catatlah pengeluaran setiap harinya. Ini dapat membantumu mengetahui kemana saja uang yang Anda gunakan selama ini.
Anda bisa menggunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan rekening lain bisa Anda gunakan khusus untuk menabung, sehingga jika Anda hanya mempunyai satu rekening. Rekening Anda khusus untuk menabung tidak akan terganggu.
Kartu kredit akan sangat membantu jika Anda memakainya dengan bijak dan cerdas. Anda bisa menggunakannya dengan memanfaatkan promo-promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan.
Setelah Anda menyisihkan gaji untuk ditabung dan kebutuhan sehari-hari, jika masih mempunyai dana lebih. Gunakan dana tersebut untuk berinvestasi dengan ikut asuransi, membeli emas atau perhiasan dengan nilai jual yang tinggi.
Jika diawal Anda sudah menyusun rencaan keuangan yang jelas, tentu Anda sudah dapat mengira-ngira berapa uang yang akan Anda pakai dalam satu bulan.
Bawa uang secukupnya, kemudian Anda bisa mengisinya lagi ketika benar-benar uangmu sudah habis di dalam dompet. Cara ini cukup ampuh dilakukan, terlebih lagi untuk Anda yang malas bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang cash.
Anda harus menekan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu Anda perlukan. Juga, Anda harus mengurangi jadwal nongkrong atau hangout dengan teman.
Dikutip dari : NIA News

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer