SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BNP2TKI, Agar Selalu Waspada!

Cari Info Cepat !

09 July 2019

Pekerja Migran Diharapkan Berhati-hati, Jangan Mudah Terbujuk dan Tertipu

Ilustrasi google
Ada beberapa operator komunikasi yang tidak bermoral yang berusaha meyakinkan para pekerja migran untuk memberikan identitas pribadi mereka ketika mereka baru saja pindah ke Taiwan. Alasannya adalah untuk menerapkan nomor ponsel baru, tetapi terkadang digunakan untuk jaringan penipuan atau pinjaman. Kantor Polisi Tainan Cabang Keenam mengundang seorang pekerja migran Indonesia, "Keong Rachun" dan polisi bagian luar untuk menjadi protagonis dari komik empat-bingkai, yang dikemas dalam bahasa Mandarin, Inggris, dan bahasa Indonesia, mengingatkan para pekerja migran agar tidak tertipu.
Kantor Polisi Tainan Cabang Keenam mengundang selebgram, pekerja migran Indonesia "Keong Rachun" untuk bekerja sama dalam 3 bahasa, Mandarin, Inggris, dan Indonesia, menyarankan para pekerja migran untuk tidak memberikan paspor pribadi mereka, atau memberikan informasi izin tinggal kepada orang-orang yang tidak mereka ketahui, untuk menghindari masalah.
Kelompok pencegahan dan kontrol Kota Tainan berkunjung ke Kawasan Industri Anping, ke Superiority Steel Co., Ltd dan Yongchun Nursing Home, mengingatkan para pekerja migran, sebelum meninggalkan Taiwan, agar tidak memberikan kartu sim telepon dan menjual rekening bank kepada orang lain, karena hal itu ilegal.
Setelah kegiatan promosi, ada undian berhadiah, jika mampu memberikan jawaban yang benar terkait dengan layanan “165” anti penipuan, para peserta yang berhasil menjawab mendapatkan “tas belanja anti-fraud”. Para pekerja migran Indonesia berkata, “sangat bagus!” mengatakan bahwa para polisi Tainan itu sangat baik.
Untuk menghilangkan belenggu kejahatan dan menjaga ketertiban keuangan Taiwan, mereka memanggil pekerja migran dan teman-teman asing untuk tidak mudah tergoda oleh iming-iming "gratis" atau "hadiah", dan memberikan dokumen pribadi mereka kepada pihak ketiga yang tidak dikenal.

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer