SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BNP2TKI, Agar Selalu Waspada!

Cari Info Cepat !

17 August 2019

Gaji Pokok PMI Sektor Formal Taiwan Diperkirakan Kembali Naik Tahun 2020

Ilustrasi Google


Dikutip dari media online PTS Taiwan bahwa Upah minimum bulanan di Taiwan tahun depan akan dinaikkan dari NT$23.100 menjadi NT$23.800. Kenaikan yang disetujui dalam rapat Kementrian Ketenagakerjaan (MOL) sepanjang enam jam ini diperkirakan menguntungkan 2,3 jutaan orang, dan adalah kali keempatnya secara berturutan mengalami kenaikan.

Sebelum rapat peratifikasian dimulai, perwakilan serikat buruh mengungkapkan dukungan bagi kenaikan upah minimum, mengingat bahwa gaji bulanan pokok di Taiwan hanya menduduki urutan ke 18 di antara 28 negara OECD dan gaji per jam juga lebih rendah dari angka rata-rata.

Anggota komisi peratifikasi dari serikat buruh // Zhuang Jue-an. Di sini kami mengimbau perwakilan pihak majikan Tidak lagi menggunakan pembekuan sebagai alat Seharusnya bersimpati pada kami dari pihak buruh

Sementara itu, pihak majikan menggagaskan pembekuan standar upah minimum tahun depan. Usai rapat, perwakilan pihak majikan mengungkapkan sikap tidak puas dan menolak mendukung kenaikan yang diklaim dilaksanakan pemerintah demi keuntungan pemilu.

Anggota komisi peratifikasi dari perwakilan majikan // He Yu Kalian meminjam pemerintah untuk menetapkan kebijakan Dari pihak perwakilan majikan Kami tidak akan mendukung kebijakan bapak menteri Serikat buruh imbau sistematisasi upah minimum

Serikat buruh mengritik bahwa alasan penolakan dari pihak majikan selalu sama saja setiap tahun. Saat meyakinkan kenaikan berturutan empat tahun, mereka mengeluh bahwa skala kenaikan gaji bulanan hanya 3%, juga menyesalkan kembali gagalnya Taiwan dalam merespon masalah rendahnya gaji, dan sekali lagi menyerukan Presiden Tsai Ing-wen menunaikan janji politiknya untuk mensistematisasi upah minimum.

Catatan Tambahan dari Penulis untuk Sektor Informal :
Perlu dipahami bahwa kenaikan gaji PMI Sektor Informal tidak otomatis (sebagaimana halnya sektor formal) dikarenakan sektor informal tidak masuk dalam Peraturan Perburuhan Taiwan. Untuk kenaikan gaji informal melalui kesepakatan antara Indonesia dan Taiwan.

Gaji PMI sektor Informal saat in minimali NT$ 17.000 untuk PMI Penjaga orang sakit (caregiver) dan PLRT. Disarankan, bila mau perpanjang kontrak upayakan negosiasikan gajinya agar lebih dari NT$ 17,000. Bagi yg perpanjang kontrak jangan lupa negosiasi agar gajinya bisa naik, baca http://www.savepmi-taiwan.org/2017/03/jangan-lupakan-negosiasi-gaji-dalam.html

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer