SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

Pencarian Khusus Google

09 February 2017

PINDAH MAJIKAN DI TAIWAN TIDAK SEPERTI YANG DIBAYANGKAN



Apa sih Ganti Majikan ?

Yang dari judulnya jelas, pindah majikan dari majikan lama ke majikan baru. Mari kita simak ketentuannya berikut ini :


 Source image : google

Pindah majikan menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh TKI !
Berawal dari ketidakharmonisan hubungan kerja antara majikan dan TKI, muncullah niat pindah majikan, umumnya seperti itu !

Pindah majikan pada dasarnya dapat dilakukan bila TKI mengalami kondisi berikut ini :
  • Majikan melanggar perjanjian kerja yang dapat merugikan TKI
  • Pekerjaan yang dilakukan membahayakan TKI dan pihak majikan tidak ada itikad baik untuk memperbaiki
  • Majikan melakukan kebohongan dalam kontrak kerja sehingga TKI dirugikan
  • Majikan atau pasien (akong/ama) yang dijaga wafat.
  • Pabrik/majikan mengalami kebangkrutan atau pindah keluar negeri
  • Terbukti TKI mendapat perlakuan yang tidak baik seperti : 
  1. dipukul, 
  2. kekerasan, 
  3. pelecehan seksual, 
  4. dipekerjakan tidak sesuai dengan Perjanjian Kerja,
  5. dipermalukan
  •  Kapal yang digunakan sedang ditahan, mengalami musibah tenggelam atau dalam proses perbaikan sehingga tidak dapat berlayar
  • Majikan tidak membayarkan gaji TKI serta memutuskan kontrak kerja
  • Bekerja di luar perjanjian karena permintaan majikan, ini perlu diperhatikan nih, sering kali selain jaga ama kadang merangkap juga jaga akong. Hindari rangkap-rangkap jabatan, ikuti dan baca kembali kontrak Anda !
  • Majikan menderita penyakit menular yang bisa menular pada TKI

Kriteria Pergantian Majikan :
1.      Pergantian Majikan Melalui Musyawarah
Atas persetujuan majikan dengan TKI, maka majikan tidak perlu membuat surat keterangan dokter untuk mempekerjakan TKI baru
2.      Persetujuan Pergantian Majikan
Jika dalam kurun waktu yang ditentukan bagi TKA untuk mencari majikan baru telah usai, atas persetujuan kedua belah pihak, TKI dapat kembali bekerja lagi di majikan awal
3.      Pergantian Majikan Sepihak
Suatu kondisi dimana majikan kehilangan hak untuk mempekerjakan TKA.

Contoh :
-   Pasien meninggal dunia
-   Terjadi sengketa antara majikan dan TKI
-   Majikan melakukan tindakan yang melanggar hukum terhadap TKI
Proses perpindahannya dapat dilakukan tanpa persetujuan majikan awal.

Perlu Diperhatikan:
         Persiapkan bukti yang cukup kuat seperti slip gaji, foto, video atau rekaman suara.
         Dalam proses ganti majikan, sering kali ada laporan permintaan untuk bayar sewa dan lain-lain. Bahwa dalam proses ganti majikan tidak dikenakan biaya sama sekali atau gratis. Agency tidak dapat memungut biaya penginapan untuk TKI.
         Bila diharuskan tetap membayar, mintalah bukti kwitansi resmi. Bukti tersebut dapat disampaikan kepada MOL [Depnaker] untuk ditindaklanjuti untuk pemberian sanksi.

Prosedur Pergantian Majikan
1.      Setelah terjadi terjadi kesepakatan antara majikan awal dengan TKI, majikan awal harus membantu TKI memulai proses pergantian dalam kurun waktu 30 hari.
2.      Majikan/agensi mengajukan permohonan pergantian majikan kepada MoL Taiwan.
3.      Setelah dokumen pergantian majikan disetujui oleh MoL, maka TKI secara resmi dapat memulai proses pergantian majikan.
4.      Jika sudah ada majikan baru, maka dokumen persetujuan pindah majikan maka dapat diselesaikan oleh ketiga belah pihak.
5.      Dokumen persetujuan pindah majikan dari MoL dapat digunakan oleh majikan/agensi untuk mendaftarkan TKI ke Kantor Pelayanan Bursa Kerja di daerah setempat.
6.      Ketika terjadi kesepakatan pekerjaan antara TKI dengan majikan baru, majikan/agensi harus segera mengajukan permohonan hak mempekerjakan TKI kepada MoL Taiwan.
7.      Ketika dokumen persetujuan penerusan hak mempekerjakan TKI dari MoL telah diperoleh, maka majikan baru/agensi harus melakukan prosedur pergantian ARC baru dalam waktu 14 hari. Setelah TKI menerima ARC baru, majikan/agensi harus melakukan prosedur pergantian nama majikan dalam Asuransi Tenaga Kerja dan/atau Asuransi Kesehatan.
8.      Batas waktu bagi TKI untuk mencari majikan baru adalah 60 hari terhitung dari hari persetujuan dokumen perpindahan majikan dari MoL. Bagi TKI yang baru bekerja belum cukup 1 tahun, dapat memperoleh perpanjangan waktu mencari majikan baru selama 60 hari, sehingga total 120 hari. Bagi TKI yang mengalami kasus, batas waktu mencari majikan baru mengikuti ketentuan dari MoL.
9.      Jika ternyata dalam waktu yang ditentukan tidak juga mendapat majikan baru, maka TKI harus meninggalkan Taiwan terlebih dahulu baru kembali lagi, dengan biaya sendiri.

SIMAK JUGA VIDEO BERIKUT, PERHATIKAN MENIT ke 07.30 - 07.59,



Fakta yang sering kita temukan dan tips menghadapinya
         Agency meminta bayaran untuk proses ganti majikan dan tempat tinggal ==> TKI harus berani menolak keinginan agency apabila meminta bayaran untuk proses pindah majikan dan penginapan. Hal tersebut semua sudah termasuk ke dalam biaya service fee bulanan ke agency.
         Agency tidak mendaftarkan TKI ke MoL sementara argo waktu jalan terus, yang pada akhirnya diberitakan bahwa seolah-olah tidak dapat majikan  ==> agar terus mengkomunikasikan dengan agensinya tentang perkembangannya sudah sejauh mana, bila belum ada jawaban yang pasti segera konsultasi juga ke saluran pengaduan TKI.
         Agency tidak mengikutsertakan TKI ke dalam bursa kerja di MOL. Ini juga bisa memulangkan TKI karena otomatis jika tidak didaftarkan maka tentunya tidak dapat majikan ==> agar memantau perkembangan pergantian majikannya.

Warning  !
         SERING PINDAH MAJIKAN BISA MENYEBABKAN KETAGIHAN PINDAH-PINDAH DAN CITRA ITU AKAN MENJADI RIWAYAT HIDUP YANG JUGA KEMUNGKINAN NONGOL DALAM CV ANDA. ADA LOH YANG HOBI PINDAH, SAMPE 3 TAHUN KONTRAK 5 KALI PINDAH, DLL.

         PIKIRKAN MATANG-MATANG UNTUK PROSES GANTI MAJIKAN KARENA AKIBAT TERBURUK ADALAH PULANG KE INDONESIA DENGAN BIAYA SENDIRI JIKA TIDAK MENDAPAT MAJIKAN, APALAGI JIKA MASIH ADA HUTANG YANG BELUM LUNAS, PERTIMBANGKANLA SEKALI LAGI

         PINTAR-PINTARLAH MENYESUAIKAN DIRI DENGAN SITUASI DAN KONDISI KERJA YANG ADA DALAM BATAS KEWAJARAN DAN TERLINDUNGI SECARA HUKUM
         PINDAH KE MAJIKAN BARU BELUM TENTU SAMA PERLAKUANNYA DENGAN MAJIKAN SEBELUMNYA (BISA LEBIH BAIK ATAU SEBALIKNYA), BERDOALAH DAN TETAP BEKERJA DENGAN BAIK
         PINDAH MAJIKAN SEKTOR MANUFAKTUR LEBIH SULIT DIBANDINGKAN SEKTOR DOMESTIK, HAL INI TENTUNYA TERGANTUNG PADA KETERSEDIAAN JOB SERTA PENGGUNA YANG AKAN MEMPEKERJAKAN ANDA

Pengecualian :

Prosedur pergantian majikan dibatasi pada sektor pekerjaan yang sama. Pengecualian diberikan bagi TKI yang memenuhi salah satu kondisi berikut ini :
        Korban kekerasan seksual, kekerasan fisik atau human trafficking
        Telah disetujui oleh instansi pemerintah terkait.

Lain-lain :
         Mengajukan pindah majikan karena majikan CEREWET sangat sulit untuk dipenuhi, kemungkinan terburuk adalah majikan tidak setuju dan TKI harus pulang dengan biaya sendiri. Jika majikan tersebut melepas, maka secara otomatis majikan kehilangan 1 kuota pekerja (contoh pada kasus pabrik), dibolehkan merekrut kembali setelah periode kontrak yg pindah tersebut berakhir.
         Pastikan ALASAN PINDAH, masuk akal (logis)

Saran :
         Setiap permasalahan komunikasikan dulu dengan majikan/agensinya bisa jadi hanya kesalahpahaman kecil yang membesar karena ketidaktahuan atau ego kecil yang tersulut api emosi sehingga menjadi besar.
         Bila menemui jalan buntu, segera konsultasikan ke saluran pengaduan yang ada (bisa ke KDEI di Taipei atau layanan pengaduan ketenagakerjaan Taiwan).

Pertanyaan Yang Sering :


BAGAIMANA PROSEDUR PINDAH MAJIKAN KARENA PASIEN MENINGGAL?


Dalam waktu 30 hari setelah pasien meninggal, majikan harus melapor ke BLA, setelah itu TKI berhak ganti majikan dalam waktu 60 hari atau boleh memilih pulang ke negara asal. Tidak ada biaya dalam proses ganti majikan. 




BERAPA BIAYA UNTUK PEMBUATAN ARC BARU SETELAH PINDAH MAJIKAN

Biaya pembuatan ARC sekitar NT$ 1.000/ tahun. Permohonan paling lama boleh 3 tahun, NT$ 3000. Jika TKI mengalami pergantian majikan, maka nama dan alamat majikan yang tertera ARC harus diperbaharui, tidak dikenakan biaya. Jika ada pungutan liar di luar ketentuan, maka segera laporkan ke 1955 atau KDEI di Taipei. 
 

Sumber :
        Leaflet KDEI di Taipei download disini
        Mbah Google
        Pengalaman


Semoga bermanfaat !

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友