SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

07 February 2017

Waspada Virus Flu Burung Mengintai !




Flu burung adalah infeksi yang disebabkan oleh sejenis virus influenza avian. Meskipun ada banyak jenis flu burung, jenis yang kini dikhawatirkan oleh masyarakat ialah virus flu burung H7N9 dan H5N6.

Sumber : google image

Sebagaimana diberitakan di laman Chinapost.com di https://goo.gl/zw5GEX bahwa seorang pasien yang terkena flu burung akibat virus H7N9 saat ini mengalami kondisi kritis. Virus berbahaya ini cenderung menyerang manusia dibandingkan bangsa burung. 

Selain itu dilaporkan juga bahwa telah ditemukan pertama kali di Taiwan, virus flu burung jenis virus H5N6 pada beberapa angsa yang mati di Hualien. Jenis virus ini dapat berpindah antar spesies. Saat ini belum ditemukan indikasi penyebaran dari pasien yang terjangkit. Telah disiapkan unit pencegahan dalam mengatasi wabah flu burung tersebut. 

Diharapkan kepada seluruh WNI/TKI di Taiwan untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah pencegahan, antara lain:
  1. Menghindari kontak dengan hewan unggas, kecuali sangat perlu.
  2. Menggunakan pelindung (masker, sarung tangan) setiap berhubungan dengan bahan yang berasal dari saluran cerna unggas.
  3. Cuci alat yang digunakan dalam peternakan dengan desinfektan.
  4. Memasak daging ayam dengan benar pada suhu 80 derajat dalam 1 menit dan membersihkan telur ayam serta dipanaskan pada suhu 64 derajat selama 5 menit.
  5.  Cucilah tangan sampai bersih menggunakan air dan sabun.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri.
  7. Segera datangi petugas kesehatan setempat dan konsultasikan ke ahli kesehatan apabila menderita demam dan atau gejala seperti flu.

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友