SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

12 March 2017

Apa Saja Yang Disampaikan Dalam Sosialisasi Perpanjangan Kontrak Tanpa Pulang !


Taipei, KDEI, Minggu (12/3/14), KDEI di Taipei telah menyelenggarakan Sosialisasi Perpanjangan Kontrak Tanpa Pulang.
 
Sosialisasi Perpanjangan Kontrak Tanpa Pulang menghadirkan pembicara utama (narasumber) dari pihak Taiwan, yakni dari WDA dan BLA Taipei City.
Para peserta yang berjumlah sekitar 80 orang, yang umumnya berasal dari TKI serta sebagian dari agency mulai berdatangan ke Kantor KDEI di Taipei pada pukul 09.00. Acara ini berlangsung interaktif yang dimulai dari jam 10.00 dan 15.00. Terlihat para hadirin sangat antusias mendengarkan pemaparan dari narasumber.
Materi terkait perpanjangan kontrak tanpa pulang disampaikan langsung dan diterjemahkan langsung oleh penerjemah, sehingga kontennya dapat dipahami oleh semua peserta.



Waka KDEI di Taipei menyampaikan sambutan dalam acara sosialisasi


 
Suasana sebelum pemaparan dari narasumber

Foto bersama setelah Sesi 1 Diskusi Panel 

Dalam sesi diskusi TKI sudah menanyakan beberapa hal yang masih menjadi problem utama bagi TKI, antara lain terkait dengan adanya biaya transfer yang dikenakan oleh agensi, bahkan ada juga yang malah disuruh kembali ke Indonesia tanpa diproses.
Semua pertanyaan secara garis besarnya telah dijawab dalam diskusi interaktif tersebut . Berbagai pertanyaan yang penuh semangat dari peserta telah dijawab langsung oleh narasumber. Intinya bahwa bila masih menemukan permasalahan dalam pengurusan perpanjangan kontrak dapat segera melaporkan ke saluran pengaduan 1955 di Taiwan. Terkait dengan pembebanan biaya disadari memang merupakan pertanyaan yang sering dan terkait hal itu, akan terus disosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan di Taiwan termasuk agency maupun majikan bahwa hal itu tidak dibenarkan. Pihak yang meminta biaya dari TKI di luar ketentuan dapat dikenakan sanksi hukuman. TKI dapat melaporkan bila ada indikasi pembebanan biaya dengan menyertakan bukti yang valid (bukti rekaman suara/pesan dalam LINE, SMS, dll). Sesi diskusi panel tersebut diakhiri setelah semuanya jelas dan tidak ada lagi pertanyaan dari hadirin.
Pada sesi kedua dilanjutkan setelah makan siang dengan tema seputar informasi ketenagakerjaan di Taiwan serta peraturan terkait keimigrasian.

Kami sebagai anggota panitia pelaksana dalam  kegiatan tadi siang menyampaikan apresiasi atas kedatangan rekan-rekan TKI  dalam acara perdana oleh KDEI di Taipei dengan tema terkait Perpanjangan Kontrak Tanpa Pulang. Semoga berbagai pertanyaan selama ini bisa terjawab.
Semoga bisa menjawab juga polling yang kita buat di Grup FB Pengaduan TKI Taiwan

 Polling 24 jam sebelum pelaksanaan sosialisasi untuk mendengarkan kondisi riil di lapangan

Selama TKI kompak dan berani untuk menyuarakan kebenaran dan tentunya berani menuntut hak-haknya sebagai TKI sesuai dengan peraturan di Taiwan dan Indonesia, maka berada di jalur yang benar. Semakin TKI pintar, maka permasalahan semoga bisa terminimalisir. Penyebab mendasar banyak timbulnya masalah adalah asymmetric information atau ketidakmerataan informasi-informasi penting. 
Dihimbau bagi kawan-kawan TKI yang masih merasa masih ada kendala dalam perpanjangan kontrak tanpa pulang, silahkan sampaikan via chanel pengaduan yang sudah ada melalui Satgas TKI, TKS (Tenaga Kerja Sukarela) atau join ke Grup FB "Pengaduan TKI Taiwan", maupun Line : kadirajicom.

Bagi TKI yang masih belum paham atau tidak datang saat acara tadi silahkan menyimak di video live yang telah diposting tadi. Terima kasih.

Salam sukses untuk semua, Salam "TKI Taiwan Hebat"

Berikut link video yang dapat diputar kembali (disarankan join terlebih dahulu di grup FB : PENGADUAN TKI TAIWAN - Gotong Royong dalam Perlindungan TKI Taiwan 

SIMAK VIDEO BERIKUT INI : 
  1.  Paparan dari WDA terkait perpanjangan kontrak https://www.facebook.com/kadirajicom/videos/10208538847051814
  2. Paparan dari WDA terkait Informasi Perpanjangan Kontrak dan DH https://www.facebook.com/kadirajicom/videos/10208539236341546/
  3. Paparan dari BLA Taipei City https://www.facebook.com/kadirajicom/videos/10208539442026688/ 
  4. Sesi Tanya Jawab tentang Perpanjangan tanpa Pulang https://www.facebook.com/kadirajicom/videos/10208539644951761/
  5. Paparan tentang informasi ketenagakerjaan dan keimigrasian https://www.facebook.com/kadirajicom/videos/10208540421971186/

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友