SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

10 March 2017

BNP2TKI Puji KDEI dan Agensi Dalam Mengurus Jenazah Suhartoyo

JAKARTA, BNP2TKI – BNP2TKI, dalam hal ini Direktorat Mediasi dan Advokasi, siap mengurus pengiriman jenazah almarhum Suhartoyo hingga ke kampung halamannya di Lampung. Koordinasi sudah dilakukan dengan BP3TKI Serang, BP3TKI Lampung serta staf mediasi dan advokasi sedang berada di Lampung untuk mengikuti seminar perlindungan TKI.

Kami juga menyampaikan bela sungkawa dan rasa duka yang mendalam sehubungan dengan wafatnya TKI prosedural Suhartoyo akibat kecelakaan kerja di Taiwan, kata Direktur Media dan Advokasi BNP2TKI R.Wisantoro di Jakarta, Jumat, 10 Maret 2017.

Kecelakaan kerja itu, menurut laporan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI) kepada BNP2TKI, terjadi pada 6 Maret 2017 jam 10.00 di pabrik San Jung Lubber Industrial Co. Ltd. Yang berlokasi di Jalan Fu Lian No 223, Distrik Yang Mei, Taoyuan. Diduga karena kurang berhati-hati, Suhartoyo mengalami kecelakaan kerja dan kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Umum Ren Yi tetapi jiwanya tak tertolong. Tim medis menyatakan Suhartoyo wafat pada pukul 12.49 waktu setempat.

KDEI menambahkan, menurut informasi yang disampaikan agensi Best Manpower Co.Ltd,  setelah aparat kepolisian dan kejaksaan Taoyuan melakukan pemeriksaan,  jenazah dibawa ke Rumah Duka Chung Li. Best Manpower Co.Ltd. juga menyebut telah berkoordinasi dengan PPTKIS, PT Sejahtera Eka Pratama, dan menginformasikan musibah ini kepada keluarga Suhartoyo di Margorejo, RT 003 RW 001, Desa 25 Polos, Metro Lampung Tengah.

KDEI kemudian menghubungi Sri Sumarni, kakak kandung almarhum yang juga bekerja di Taiwan. Sri Sumarni mengungkapkan pihak keluarga dapat menerima dengan lapang dada musibah tersebut. 
  
Pada 8 Maret 2017, KDEI telah menerima surat kemarian resmi almarhum Suhartoyo dari Kantor Kejaksaan Distrik Taoyuan. Menurut rencana jenazah akan dipulangkan ke Indonesia pada Selasa, 14 Maret 2017.  Tiga hari sebelumnya, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Taiwan akan membantu menangani jenazah secara Islam, meliputi memandikan, mengkafani serta mensholati .

Berdasarkan penjelasan agensi Best Manpower Co. Ltd. pihaknya akan memberi santunan NTD 100.000 (seratus ribu dollar Taiwan) kepada keluarga almarhum.  Agensi juga masih mengurus hak-hak lain yang seharusnya diterima almarhum dari majikan.

Direktur Mediasi dan Advokasi BNP2TKI R.Wisantoro menyatakan penghargaan kepada KDEI, agensi dan PPTKIS yang menangani dengan sangat baik masalah ini. “Kami juga akan membantu mengurus asuransi di dalam negeri bagi almarhum Suhartoyo.”

Jumlah TKI di Taiwan kini mencapai 250 ribuan. Mereka disukai majikan karena terampil dan cepat menguasai bahasa Mandarin. Kehadiran mereka merupakan hasil kerjasama antar swasta dan dikuatkan nota kesepahaman serta pertemuan kelompok kerja Indonesia-Taiwan yang berlangsung dua tahun sekali.

Sumber : Humas BNP2TKI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友