SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

09 March 2017

BP3TKI SERANG GELAR RAKOR TIM PELAYANAN KEPULANGAN TKI DI DEBARKASI SOEKARNO- HATTA

TANGERANG, BP3TKI – TKI/WNI yang pulang dari luar negeri masih sering menghadapi kendala di debarkasi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Terutama terhadap kaum rentan diantaranya yang pulang karena tidak sukses di luar negeri, seperti sakit, tidak digaji, meninggal dunia atau masalah lainnya hingga perlu difasilitasi.

 
Untuk itulah diadakan rapat koordinasi lintas instansi yang bertujuan meningkatkan pelayanan bagi TKI/WNI bermasalah Bandara Soekarno-Hatta merupakan titik perahtian Rakor sebab sebagai salah satu bandara internasional, kebanyakan TKI/WNI pulang ke Tanah Air melalui bandara ini, kata Kepala BP3TKI Serang Gatot A.Hermawan SH.MH.

Dalam Rakor yang berlangsung di Hotel Swiss Bell Inn Tangerang pada Rabu, 8 Maret 2017 itu, Deputi Perlindungan BNP2TKI Drs Teguh Hendro Cahyono menyatakan, tim
 koordinasi lintas instansi pelayanan kepulangan ini merupakan wujud perlindungan pemerintah terhadap TKI/WNI yang kembali ke Indonesia. Focus point  yang diharapkan dari pembentukan tim pelayanan ini adalah pihak kepolisian dan imigrasi melakukan pencegahan TKI non-prosedural yang akan bekerja ke luar negeri, sementara kementerian sosial menangani TKI/WNI  yang bermasalah/sakit yang pulang ke Indonesia.

Deputi Perlindungan BNP2TKI, Drs. Teguh Hendro Cahyono. memimpin rapat koordinasi. Turut menghadiri Rakor Dit. Pemberdayaan Subdit Pelayanan Kepulangan BNP2TKI, Kepala BP3TKI Serang, Kepala BP3TKI Jakarta, Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Serang, Dit. PWNI & BHI Kementerian Luar Negeri, Imigrasi Kelas I Bandara Soekarno Hatta, Kepolisian Resort Bandara Soetta, Aviation Security Bandara Soetta, Otoritas Bandara Soetta Wilayah I, RPTC Cipayung dan Dit. Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial & Korban Perdagangan Orang Kementerian Sosial dan koordinator TIM pemulangan BP3TKI Serang.

Rakor merupakan tindak lanjut dari koordinasi informal dan pertemuan rutin yang berlangsung antara BNP2TKI, BP3TKI Serang dengan instansi terkait pemulangan TKI di Debarkasi   Ruang Serba Guna Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta,” tambah  Kepala BP3TKI Serang, A. Gatot Hermawan, SH, MH.

Kami berharap Rakor ini nantinya dapat memberikan masukan yang positif untuk perbaikan pelayanan pemulangan TKI di debarkasi Soekarno Hatta mulai dari pelayanan informasi penukaran mata uang dan pembelian tiket lanjutan, pendataan TKI/WNIO bermasalah/sakit/jenazah yang lebih rinci, penanganan TKI sakit hingga pemulangan TKI ke daerah asal,” lanjut Deputi Perlindungan. (Tha/Sjr/DH)




Sumber : BNP2TKI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友