SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

02 March 2017

Inspirasi Pemberdayaan TKI Purna - Peternakan Ayam 40 juta setiap kali panen.


 Source : google image


Sebagaimana dirilis di Website BNP2TKI  beberapa waktu lalu (Senin, 27/02), Deputi Perlindungan BNP2TKI Teguh Hendro Cahyono menyempatkan diri meninjau Paguyuban TKI Purna Bejo Group di Dusun Jongso, Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Jawa Tengah. Paguyuban yang dikelola oleh para mantan TKI Korea Selatan ini berhasil membangun perternakan ayam close house tanpa bau, dan bekerja sama dengan PT  Java Comfeed sebagai mitra yang menyediakan bibit ayam, obat-obatan, pakan dan vitamin. Hasilnya bisa dipanen setiap 28 hari sekali dan mendapat sekitar 40 juta setiap kali panen.

Dalam kunjungan tersebut turut mendampingi adalah Direktur Pemberdayaan Royati Sarosa, Kepala BP3TKI Yogyakarta AB Rokhman, Kepala BP3TKI Semarang Suparjo, Kepala BP3TKI Lampung Mangiring Hasoloan Sinaga, Perwakilan dari BP3TKI Bandung, BP3TKI Serang dan BP3TKI Mataram.

Teguh menyebutkan salah satu tanggung jawab Pemerintah dalam rangka memberdayakan TKI purna adalah mengoptimalkan potensi maupun modal yang mereka peroleh dari bekerja di luar negeri, untuk menumbuhkan ekonomi keluarganya dan kemajuan perekonomian desanya.

Di Kabupaten Pati khususnya di Dusun Jongso, Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo menunjukan dengan motivasi yang kuat dan ditambah dengan fasilitasi dari Pemerintah dan berbagai pihak, membuat program pemberdayaan peternakan ini berhasil. “Belajar dari pengalaman TKI Purna dusun Jongso ini bahwa keberhasilan tidak didapat dari fasilitas Pemerintah tapi kesungguhan para TKI itu sendiri,” Ujar Teguh.

Teguh juga mengatakan hasil Paguyuban TKI Purna Bejo grup yang mewujudkan pemberdayaan secara produktif ini akan menjadi percontohan untuk dikembangkan di daerah-daerah lainnya.

Saat ini BNP2TKI memprogramkan 5000 pemberdayaan TKI Purna yang diupayakan untuk diberikan pelatihan dan paling tidak ada sekitar 40% berhasil dan melahirkan wirausahawan baru yang dapat mengembangkan hasilnya, ungkap Teguh.

Tahun ini BNP2TKI mengharapkan pelatihan 40% bagi TKI Purna Korea Selatan dan 60% lagi bagi TKI Purna Lainnya.**** (Humas)

Link asli Website BNP2TKI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友