SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

06 March 2017

Rakernis : Capaian dan Perbaikan BNP2TKI di 2016


Bogor, BNP2TKI (4/3/17) -- Sekretaris Utama BNP2TKI, Hermono menyatakan,  Pada tahun 2016 sudah banyak capaian dan ada perbaikan yang cukup signifikan yang telah berhasil dilakukan segenap jajaran BNP2TKI di antaranya  ; 1) kepatuhan layanan penilaian dari ombudsman dari semula indikator nilainya warna kuning sekarang sudah hijau yang artinya sudah baik ; 2) Maturitas sistim pengendalian mendapatkan skor 3,42 dan BNP2TKI merupakan satu dari 3 Kementerian/lembaga yg bisa mencapai nilai diatas 3 yang sebenarnya pemerintah menargetkan hal tersebut di tahun 2019, namun BNP2TKI sudah mencapainya; 3) Opini WTP yang berturut -turut 3 tahun terakhir, dan 4) Capaian nilai Reformasi Birokrasi dari Menpan yang meningkat.

Namun, menurut Hermono, terlepas dari perbaikan yang telah dicapai tersebut, kita tidak bisa diam ditempat saja. Dalam 1 tahun ini masih ada yang perlu diperbaiki diantaranya, Dalam pelaksanaan tugas sehari hari masih bisnis as usual sementara birokrasi dituntut harus bisa lebih cepat dan efisien.

"Untuk itu di 2016 BNP2TKI sudah melakukan Manajemen Kepegawaian dimana telah dilaksanakan Reformasi sektor SDM dengan menempatkan orang yang pas pada tempatnya dengan cara mutasi ataupun promosi. " ujarnya.

Ditambahkannya bahwa proses Staffing ini tetap jalan sampai berusaha benar-benar ideal. Sejumlah program dan kegiatan seperti berbagai macam bentuk pendidikan dan pelatihan telah dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas SDM.

"Semoga dari upaya tersebut akan menghasilkan mesin birokrasi yang akan bekerja lebih baik" ujarnya saat sambutan dan membuka acara rakernis BNP2TKI di H. Harris Sentul, Bogor.

Sestama mengharapkan bermunculnya orang-orang di masing-masing unit yg bisa menjadi pelopor perubahan. Butuh orang yang inovatif dan yang bisa memunculkan ide-ide baru. Hal ini yang didorong di 2017 supaya bisa direplikasi dan diterapkan di tiap unit di lingkungan BNP2TKI.

Untuk mempercepat reformasi birokrasi maka perlu penataan kelembagaan, kita perlu masukan dari teman teman, unit-unit mana saja yang perlu dibenahi dan diperkuat. Namun perlu juga diingat bahwa hal ini bersamaan dengan revisi UU No. 39 tahun 2004.

Harapnnya kedepan dari revisi UU tersebut adalah BNP2TKI menjadi lembaga yang one stop service, integrated, yang mampu melayani semua hal tentang per-TKI an, yang didalamnya terdiri dari berbagai macam lembaga yang erat kaitannya dengan TKI.

“Di 2017 mudah-mudahan mesin birokrasi dapat menopang  program-program yang akan dilaksanakan di 2017 dan kedepannya 2018. Harapannya adalah apa yang menjadi program prioritas BNP2TKI dapat selesai dimatangkan dalam rapat rakernis ini, sehingga dalam rakernis ini ada Plan of Action yang langsung dapat diimplementasikan oleh teman-teman didaerah." ungkap Hermono.

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友