SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

Pencarian Khusus Google

27 March 2018

Layanan Terpadu Satu Atap untuk kemudahan pelayanan PMI hadir di Brebes

Sumber : Dokumentasi

Brebes, BNP2TKI, Rabu (27/3/2018)__Perbaikan pelayanan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ditandai dengan lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 2017. Di dalamnya ada poin penting mengenai pembagian peran yang jelas antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah. Amanat UU ini sejalan dengan mandat KPK tentang perbaikan pelayanan PMI. Oleh sebab itu, program pemerintah terkait Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) dibuka dan diresmikan di wilayah Kabupaten Brebes, di kantor LTSA Brebes, Selasa (27/3/2018).

Pemukulan gong dan pemotongan pita oleh  Bupati Brebes, Idza Priyanti  sebagai tanda diresmikannya LTSA Kabupaten Brebes. Peresmian ini turut disaksikan Direktur KVPD BNP2TKI, Kepala BP3TKI Jawa Tengah, Tim Perwakilan Kementrian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes di Kantor LTSA Brebes.

Haposan Saragih selaku Direktur KVPD BNP2TKI mengatakan bahwa LTSA diharapkan dapat meminimalisir kasus human Trafficking Kabupaten Brebes dan sekitarnya, dengan LTSA ini tidak ada lagi PMI yang berangkat ke luar Negeri secara non prosedural.

“Semoga dengan adanya LTSA ini turut membantu meminimalisir kasus pengiriman PMI secara illegal dan human trafficking”, ujar Haposan.

Sesuai data BP3TKI Semarang, Brebes merupakan daerah terbesar ketiga dalam hal jumlah PMI tingkat seluruh propinsi Jawa Tengah, sekaligus peringkat 12 (dua belas) terbesar di Indonesia. Sehingga, memang sangat penting untuk segera diadakannya LTSA.  Hal ini pun langsung ditanggapi Bupati Brebes, sehingga yang sebelumnya Brebes tidak memiliki kantor LTSA dapat dipercepat proses pembangunannya dan akhirnya bisa segera diresmikan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenagakerja (Kadisperinaker) Brebes, Zainudin dalam sambutannya menyebutkan LTSA di Kabupaten Brebes akan memberikan dampak Positif bagi CPMI daerah kabupaten Brebes dan sekitarnya.

“Diharapkan Pelayanan kepada CPMI semakin tersetruktur, mudah, murah dan aman, dengan demikian semakin mempercepat para Calon PMI dalam mengurus persyaratan dan Administrasi”, imbuh Zainudin.

Sejalan dengan semangat para stakeholder, Kepala BP3TKI Jawa Tengah, Suparjo,  terus mendorong pelayanan penempatan dan perlindungan PMI  melalui kordinasi dan sinergi yang baik antara petugas operasinal  di lapangan khususnya petugas dari BP3TKI Jawa Tengah. Sinergi ini diharapkan terus terpelihara sebagai wujud negara hadir bagi para Pekerja Migran Indonesia.

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友