SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

Pencarian Khusus Google

30 April 2018

Surat Edaran Pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan


Kini Daftar Asuransi BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan di Taiwan !

Simak :

SURAT EDARAN KDEI TAIPEI TENTANG PENDAFTARAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL BPJS KETENAGAKERJAAN BAGI PMI YANG MELAKUKAN PERPANJANGAN KONTRAK DI TAIWAN

Dalam rangka peningkatan pelindungan terhadap PMI yang melakukan Perpanjangan Kontrak di Taiwan, maka PMI dipersyaratkan untuk terdaftar dalam program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Untuk memberikan kemudahan dalam pendaftaran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dimaksud, KDEI telah menyiapkan mekanisme pendaftaran sebagai berikut :

  1. Bagi PMI yang baru melakukan Perpanjangan Kontrak terhitung sejak 1 Mei 2018, pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan mengakses Sistem Informasi Perpanjangan Kontrak KDEI Taipei (Panduan tata cara pendaftaran terlampir). 
  2. Bagi PMI yang telah mengurus Perpanjangan Kontrak sebelum 1 Mei 2018, KDEI Taipei akan:

  • Memfasilitasi penerbitan ID Billing (Kode Iuran) yang akan diumumkan pada website KDEI Taipei, http://www.kdei-taipei.org (Daftar nama terlampir).
  • Penerbitan dan pengumuman ID Billing tersebut, akan dilakukan secara periodik setiap 1 (satu) minggu selama 3 (tiga) bulan. Jumlah iuran yang harus dibayarkan oleh PMI, tergantung pada sisa waktu kontrak (bulan) untuk masing-masing PMI (Simulasi perhitungan terlampir).
  • Setiap ID Billing yang diterbitkan, hanya berlaku untuk jangka waktu 1 (bulan), terhitung sejak tanggal diterbitkan ID Billing tersebut.

    3.  Pembayaran untuk Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana dimaksud pada point 1 dan 2, dapat dilakukan dengan cara:

  • Menginformasikan ID Billing kepada keluarga di Indonesia, untuk dibayarkan melalui layanan  Bank BNI, BRI atau MANDIRI (Teller, ATM, Internet / Mobile Banking).
  • Menggunakan Aplikasi Mobile / Internet Banking BNI.
  • Menggunakan Aplikasi Internet Banking BRI.

d   Dalam masa transisi (manual ke online), pihak PMI masih bisa dilayani untuk pelayanan manual sampai dengan dua minggu kemudian sejak dilaunching sistem online dimaksud.

Sehubungan dengan hal tersebut bagi PMI yang melakukan perpanjangan Kontrak di Taiwan agar segera melakukan pendaftaran Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan.
 

 

 

Selengkapnya KLIK DISINI


Selengkapnya KLIK DISINI

 

Sumber : http://www.kdei-taipei.org

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友