SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

20 June 2018

NIA Kinmen Menyelenggarakan Perayaan Idul Fitri dan Hari Bacang Bersama

Sumber : NIA
Pada tanggal 16 Juni 2018 lalu, Badan Imigrasi (NIA) Kinmen menggelar acara perayaan Idul Fitri dan Festival Perahu Naga secara bersamaan, mengundang para pekerja migran dan penduduk baru untuk berpartisipasi. Acara ini tidak hanya memperkenalkan salah satu festival meriah ala Asia Tenggara dan makanan eksotis, namun juga mengajak para hadirin untuk mencoba membungkus bacang dan membuat kantong wangi bentuk bacang. Tujuannya agar para pekerja migran merasakan perayaan Idul Fitri yang lebih meriah, sekaligus berintegrasi dengan budaya Festival Perahu Naga di Taiwan, mengobati kerinduan tanah air.
Masyarakat Muslim merayakan Idul Fitri setelah 30 hari berpuasa. Kastinih, pekerja migran asal Indonesia, berbagi cerita tentang tujuan kaum Muslim berpuasa, ia juga harus menahan amarah, menahan lapar dari pagi hingga matahari terbenam, dan mencapai perbaikan spiritual dengan mengontrol keinginannya untuk makan. Idul Fitri adalah hari besar sebagai perayaan kesuksesan menyelesaikan puasa. Hari raya ini mirip seperti Tahun Baru Imlek.
Tahun ini Hari Raya Idul Fitri jatuh bersamaan dengan salah satu dari 3 festival besar di Taiwan. NIA Kinmen mempersiapkan kegiatan khusus membuat bacang, banyak di antara penduduk baru yang baru pertama kali mencobanya. Semua berlomba-lomba untuk membuatnya, meskipun bentuknya kurang cantik, namun mereka telah berusaha dengan baik dan membuat perayaan Idul Fitri meriah.
Kepala NIA Kinmen, Chen Xiang-lin (陳祥麟) mengatakan bahwa saat ini ada lebih dari 900 pekerja migran di Kinmen dan sekitar 2.500 penduduk baru. Mereka telah banyak berkontribusi di berbagai area, seperti infrastruktur nasional, pengembangang ekonomi, dan perlindungan keluarga. NIA Kinmen menyelenggarakan acara ini sebagai salah satu bentuk rasa terima kasih atas kerja keras mereka, dan berharap agar para migran dan para penduduk baru dapat bekerja dengan tenang ataupun tinggal di lingkungan yang ramah.

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友