SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan

Cari Info, contoh : gaji

08 July 2018

Taipun Besar “Maria” mendekati Taiwan, Waspada !




Taipei, (08/07/8) -- Sebagaimana dilansir dari FocusTaiwan, 8 Juli 2018, bahwa  Taipun besar dengan nama Maria bergerak menuju laut lepas Taiwan utara, dan jika badai terus bergerak di jalur ini, peringatan laut akan dikeluarkan Senin malam paling cepat, menurut update terbaru oleh Pusat Biro Cuaca, CWB (Central Weather Bureau (CWB) pada hari Minggu.

Pada pukul 8 pagi, Taipun Maria berada di 1.920 kilometer di timur-tenggara Eluanbi di ujung paling selatan Taiwan, bergerak dengan kecepatan 21 kilometer per jam dengan arah barat-barat laut menuju perairan di bagian utara Taiwan, kata CWB.
Jika taipun itu masih ada di jalurnya saat ini, biro itu mengatakan, akan mengeluarkan peringatan Senin malam sedini mungkin dan tidak menutup kemungkinan akan mengeluarkan peringatan darat pada Selasa pagi, CWB menambahkan.

Biro cuaca memperkirakan Super Typhoon Maria akan mendekati Taiwan dari hari Senin malam hingga Selasa, disertai angin dan hujan ke daerah utara pulau itu.
Menurut informasi taipun CWB yang terbaru, Super Typhoon Maria, yang radius badainya mencapai 200 kilometer, membawa angin maksimum 190 kilometer per jam, dengan kecepatan hingga 234 kilometer per jam.

Pada hari Minggu, meskipun angin topan belum menimbulkan dampak langsung terhadap Taiwan, diprediksi akan ada gelombang keras di sepanjang garis pantai utara, timur dan barat daya Taiwan, serta Semenanjung Hengchun dan Matsu, menurut biro cuaca, mengingatkan kepada penduduk untuk menyadari akan keamanan pribadi saat beraktivitas di tepi laut.

Di Taiwan, cuaca di hari Minggu akan lembap dan panas dengan hujan guntur di sore hari. Beberapa daerah di sekitar Taiwan bisa diprediksi hujan lebat, menurut ramalan cuaca.

Puncaknya akan berada di 32-35 derajat Celcius di seluruh penjuru Taiwan, dengan suhu yang diperkirakan mencapai 36 derajat sekitar tengah hari di daerah-daerah yang dekat dengan pegunungan Kaohsiung dan Kabupaten Pingtung di daerah selatan.

CWB mengingatkan menghimbau agar minum air sebanyak yang mereka bisa dan mengambil tindakan pencegahan terhadap kulit terbakar matahari (sunburns) dan sengatan panas (heat stroke) saat tinggal di luar ruangan.
Sementara itu, karena Taipun Super Typhhon Maria, layanan feri antara Kabupaten Taitung dan pulau-pulau terluar di Lanyu dan Pulau Green akan ditangguhkan pada hari Selasa dan Rabu, menurut informasi dari perusahaan transportasi lokal.

Rujukan Berita : Focus Taiwan

KOMENTAR PENULIS :



Berdasarkan berita di atas, diharapkan kepada WNI/PMI di Tawan agar :
1.   Tetap berhati-hati dalam beraktivitas/bekerja. Perhatikan kondisi kerja, pantau selalu keadaan cuaca, jangan dipaksakan bila cuaca tidak mendukung untuk bekerja, komunikasikan dengan baik dengan mandor/laopan/atasannya. 
2.   Utamakan selalu keselamatan. Khususnya bagi PMI yang bekerja pada proyek-proyek konstruksi, ABK Nelayan, dan sektor jabatan lainnya agar menaati pengumuman yang disampaikan oleh otoritas Taiwan maupun majikan/pengguna Anda.
3.   Tidak menantang badai. Contoh kejadian tahun 2015, seorang PMI yang baru datang ke Taiwan ingin menyaksikan badai taipun langsung, keluar gedung dan naas tertimpa papan reklame.

Tips Memantau Cuaca :
Bagaimana cara memantau cuaca di Taiwan, silahkan menunggu informasi dari majikan/agensi atau bisa juga pantau sendiri di tulisan berikut ini: APP Pemantau Cuaca / Taipun

Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, salam sukses semoga bermanfaat ! 

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE SAVE PMI Taiwan

加入好友

HUBUNGI KAMI

加入好友