SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Sumber Informasi Terpercaya untuk PMI di Taiwan.

21 October 2018

BPJS Ketenagakerjaan Masif Edukasi Calon TKI

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan) terus melayani calon TKI dan TKI di luar negeri.
Saat berdatandang ke Makassar akhir pekan lalu, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif telah mengunjungi kantor Pos Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Parepare.

"Di sana kita data, sejak Januari-Agustus total TKI ada 662 orang. Tujuan negaranya tidak hanya ke Malaysia dan negara Asia Tenggara lainnya, ada juga ke Papua Nugini hingga Kepulauan Solomon. Ini menandakan, potensi TKI Indonesia cukup besar," katanya.
Nah, sejak 1 Agustus 2017, semua calon TKI dan TKI dilindungi asuransi yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan.
Baca: Pekerja Korban Gempa Sulteng Diimbau Lapor BPJS Ketenagakerjaan
Sebelumnya, asuransi seluruh calon TKI dan TKI di luar negeri dikelola oleh asuransi swasta.
"Ketika dikelola swasta banyak sekali permasalahan yang dialami TKI ketika mengajukan klaim, seperti pencairan klaim berbelit, pencairan klaim selalu dengan perantaraan calo dan banyak klaim asuransi TKI tidak dibayar. Padahal, semua calon TKI dan TKI wajib bayar premi sebesar Rp 400 ribu," katanya.
Makanya, di setiap kantor P4TKI, BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk memberi edukasi dan informasi pentingnya asuransi bagi dirinya kala bekerja di luar negeri.
Pihaknya selalu memberikan pelayanan terbaik terhadap semua peserta BPJS Ketenagakerjaan termasuk TKI. “Dengan kami, tidak mungkin klaim tidak dibayar, serta persyaratan tidak berbelit-belit,” katanya.

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

Chat LINE (24 Jam)

加入好友