SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Cari Info Cepat !

24 December 2018

Layanan Istrahat Bagi Perawat Orang Asing, Saluran Telepon 1966

Ilustrasi : google image
Demi mempertimbangkan kebutuhan perawatan orang yang dirawat serta menjamin hak dan kepentingan tenaga kerja perawat keluarga asing, Departemen Tenaga Kerja dan Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan bersama-sama mendorong “Memperluas Keluarga yang Mempekerjakan Perawat Keluarga Asing Menggunakan Layanan Beristirahat”. Mulai tanggal 1 Desember, orang yang dirawat yang membutuhkan perawatan jangka panjang dan mempekerjakan perawat keluarga asing, setelah melalui penilaian Pusat Manajemen Perawatan Jangka Panjang kabupaten/kota bahwa tingkat kecacatan adalah tingkat 7 atau tingkat 8 dan tinggal sendirian atau perawat utama adalah orang yang berusia diatas 70 tahun, boleh mengajukan permohonan layanan beristirahat. Bila ada masyarakat yang memerlukan kebutuhan yang berkaitan, boleh memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan layanan perawatan orang yang cacat, menerapkan hak dan kepentingan liburan perawat keluarga asing.

Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan semulanya menetapkan untuk orang yang dirawat yang mempekerjakan perawat keluarga asing, apabila perawat keluarga asing tidak bisa membantu merawat hingga mencapai 1 bulan, baru bisa mengajukan permohonan subsidi layanan beristirahat. Oleh karena itu sewaktu perawat keluarga asing beristirahat 1 hari setiap minggu atau liburan singkat, majikan perlu dijaga sendiri oleh anggota keluarga atau membayar sendiri biaya penuh mempekerjakan staf layanan perawatan warga negara Taiwan atau mencari unit layanan beristirahat untuk membeli layanan.

Departemen Tenaga Kerja menyatakan, demi meringankan tekanan perawatan keluarga bagi orang yang cacat, menerapkan hak dan kepentingan liburan pekerja asing, memicu keharmonisan hubungan majikan dan pekerja, orang yang dirawat yang membutuhkan perawatan jangka panjang dan mempekerjakan perawat keluarga asing, bila setelah melalui penilaian Pusat Manajemen Perawatan Jangka Panjang memenuhi tingkat 7 atau tingkat 8 dan tinggal sendirian (hanya tinggal bersama dengan perawat keluarga asing) atau perawat utama adalah orang yang berusia diatas 70 tahun, sewaktu perawat keluarga asing yang dipekerjakan tidak bisa memberikan perawatan, boleh mengajukan permohonan menggunakan layanan beristirahat di rumah, di instansi, perawatan pagi hari, malam hari. Berdasarkan status keluarga berpendapatan rendah, menengah kebawah dan keluarga biasa diberikan kuota subsidi biaya sebesar 100%, 95% atau 84%, biaya yang berkaitan akan ditanggung bersama oleh Dana Jangka Panjang dan Dana Jaminan Ketenagakerjaan.

Langkah baru ini akan diberlakukan secara resmi mulai dari tanggal 1 Desember, masyarakat mempekerjakan perawat keluarga asing bila mempunyai kebutuhan layanan beristirahat, boleh memanfaatkan telepon lokal atau HP menelepon ke “1966” untuk mengajukan permohonan. Pusat Manajemen Perawatan Jangka Panjang di berbagai tempat akan ada staf khusus menyediakan permohonan layanan beristirahat dan informasi layanan jangka panjang berkaitan lainnya, serta layanan konsultasi.

Sumber : WDA MOL Taiwan

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE Penjawab Pertanyaan

加入好友