SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Cari Info Cepat !

30 December 2018

MRT Taipei Metro Gandeng PMI Sebagai Pemandu Bahasa Dalam Perayaan Tahun Baru 2019 di Taipei



Acara pelatihan persiapan tim pemandu bilingual (30/12/2018) di ruang rapat Taipei Metro-Stasiun Taipei (Foto : Hesti)

Taipei, (31/12/18) -- Demi Kelancaran Acara Pesta Malam Tahun Baru Taipei, MRT Taipei Metro Pertama Kali Menggandeng Pekerja Migran sebagai Pemandu Bilingual. Selain itu demi mempermudah pengunjung (Vietnam dan Indonesia) mendapat info arus transportasi ketika berpartisipasi dalam perayaan malam Tahun Baru Taipei, tahun ini Taipei Metro secara khusus bekerja sama dengan Global Workers’ Organization Taiwan mempersiapkan pekerja migran (Indonesia dan Vietnam) yang mahir berbahasa Mandarin untuk bertugas sebagai tim pemandu bahasa asing, berkolaborasi dengan tim petugas MRT Taipei Metro lainnya. Pada tanggal 31 Desember, mereka akan bertugas pada 3 stasiun MRT yang sering padat pengunjung, yaitu MRT Stasiun Taipei, Taipei City Hall dan Taipei 101. Sebelum bertugas, pada 30 Desember, mereka mendapat bimbingan dan pelatihan khusus oleh pihak MRT Taipei Metro.

Global Workers’ Organization Taiwan menyatakan bahwa banyak pekerja migran asing di Taiwan sangat antusias dengan tugas ini, dengan keahlian bilingual, mereka dapat secara langsung memandu teman-teman satu negara yang kurang paham dengan alur transportasi menuju lokasi perayaan malam Tahun Baru Taipei 101. Selama ini banyak wisatawan asing hanya tahu bahwa kembang api hanya dapat dilihat dari lokasi Taipei 101 dengan naik MRT jalur merah (Tamsui-Xinyi Line). Dengan bantuan pemandu bilingual, diharapkan teman-teman pekerja migran mulai tahu bahwa naik MRT jalur biru (Bannan Line) menuju MRT Stasiun Taipei City Hall dan MRT Stasiun Sun-Yat Sen Memorial Hall, juga dapat melihat indahnya kembang api Tahun Baru Taipei 101. Selain itu, bagi pengunjung dari wilayah luar kota Taipei yang tidak keburu naik kereta, dapat beristirahat sejenak di area hall Stasiun Taipei dan Stasiun Nangang, pada hari berikutnya bisa mengisi liburan dengan berwisata keliling di kota Taipei.

Sementara itu, Analis Tenaga Kerja, KDEI Taipei, Farid Maruf, yang hadir di sela acara pelatihan para pemandu bilingual berlangsung, juga memberikan apresiasi yang besar atas partisipasi teman-teman pekerja migran Indonesia sebagai pemandu bilingual. Beliau menyatakan bahwa kesempatan baik ini merupakan peluang bagi teman-teman menunjukkan prestasi di Taiwan, beliau juga berpesan agar teman-teman dapat mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab.

Komisaris Global Workers’ Organization Taiwan, Chou Si-yu (Hesti), mengatakan bahwa teman-teman pekerja migran yang dipilih sebagai pengemban tugas adalah mereka yang mahir dalam bahasa Mandarin, bahkan dari beberapa mereka juga sempat memenangkan Kompetisi Pidato Migran Internasional 2018 Taipei. Teman-teman merasa sangat senang dan bangga mampu mendapat kesempatan sebagai pemandu bilingual pihak MRT Taipei Metro, bersama-sama berpartisipasi mensukseskan acara bertaraf internasional.

Sumber Berita : Global Workers’ Organization Taiwan (Hesti)

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer

LINE Penjawab Pertanyaan

加入好友