SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BNP2TKI, Agar Selalu Waspada!

Cari Info Cepat !

30 September 2019

BP3TKI Pontianak dan Pegadaian Berikan Literasi Keuangan kepada 50 PMI Purna



Pontianak, BNP2TKI, (27/09) -- Dalam rangka peningkatan kualitas Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Pontianak bekerjasama dengan PT. Pegadaian (Persero) mengadakan kegiatan pemberdayaan berupa literasi keuangan serta pelatihan service AC,  Selasa 23/09/2019 di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, yang berlangsung sangat meriah. Dihadiri 50 PMI Purna yang pernah bekerja di Malaysia.
Kasubdit Kerjasama Antar Lembaga, Direktorat Pemberdayaan BNP2TKI, Abri Danar Prabawa, dalam sambutannya mengatakan "Sesuai amanat UU 18 tahun 2017, Kami (BNP2TKI) mempunyai tugas memberdayakan PMI dan keluarganya. Diharapkan para PMI Purna memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan agar uang hasil kerja di luar negeri tidak habis untuk kegiatan konsumtif".
Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini akan di isi materi mengenai pengelolaan keuangan, pengenalan investasi dan produk-produk PT. Pegadaian serta pelatihan dasar service AC, kata Abri.
Sementara itu Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Pontianak, Andi Kusuma Irfandi, mengatakan bahwa ini kali pertama BP3TKI Pontianak bekerjasama dengan Pegadaian, diharapkan dengan pelatihan ini, PMI Purna bisa mengelola keuangan secara benar dan memiliki investasi berupa emas sebagai bekal dikemudian hari.
Salah satu peserta, Thomas asal Kubu Raya, mengungkapkan "Kenapa tidak dari dulu ada program pelatihan seperti ini dan mereka (PMI) yang masih bekerja disana (Malaysia) tidak perlu beli barang lain (konsumtif). Kan uang yang mereka kirim bisa dipergunakan untuk membeli emas secara nyicil" ketika ditanya usai kegiatan.
Diakhir acara, ke 50 peserta kegiatan mendapatkan buku tabungan emas bernilai Rp 50.000,- dari Pegadaian cabang Pontianak
Lebih lanjut Senior Manager area Pontianak PT. Pegadaian (Persero), Imanullah, ketika menutup acara mengatakan "Setelah Bapak dan Ibu (PMI Purna) mendapatkan pengetahuan diharapkan dapat merubah pola pikirnya dari konsumtif menjadi lebih banyak berinvestasi (menabung emas) dan semoga kerjasama kami (Pegadaian) dengan BP3TKI Pontianak dapat berkelanjutan di beberapa tempat" imbuhnya.***(Humas/ BP3TKI Pontianak_Andi).

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer