SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BNP2TKI, Agar Selalu Waspada!

Cari Info Cepat !

20 September 2019

PMI Purna dilatih Shopee Indonesia, agar bisa Jualan Online nantinya

Kepala Seksi Penyiapan Penempatan BP3TKI Padang saat menyampaikan sambutan dalam Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Usaha PMI dan Keluarganya

Padang, BNP2TKI (20/9) - - Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Usaha PMI dan Keluarganya” kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna Sumatera Barat hari Kamis (20/09/19) di Pangeran City Hotel. Acara ini di hadiri oleh 50 PMI Purna yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan kewirausahaan dari Trainer BP3TKI Padang.
Dalam Kegiatan tersebut, Kepala BP3TKI Padang diwakili oleh Kepala Seksi Penyiapan Penempatan BP3TKI Padang, James Lumban Gaol. Dalam sambutannya, James menyampaikan bahwa dalam revolusi teknologi 4.0, segala sesuatunya diharapkan akan menjadi lebih cepat dan mudah. Para purna PMI sebagai wirausahawan di dalam persaingan ketat ini tentunya tidak boleh gagap akan teknologi. James juga mengharapkan ilmu yang telah diperoleh oleh para Purna PMI dalam kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan mereka kedepannya.
Kegiatan ini dibuka dan dihadiri oleh Vice President PT. Pegadaian (persero) area Padang, Alnafiah Alius. Alnafiah memberikan materi Pelatihan terkait E-Commerce  dari Shopee Indonesia dan Investasi tabungan emas dari PT. Pegadaian (persero). Setelah pengenalan mengenai PT. Pegadaian (persero), peserta acara di fasilitasi untuk melakukan pembukaan buku rekening tabungan emas dari PT. Pegadaian. Setelah mendapat penghasilan yang cukup diharapkan peserta dapat menabung dan berinvestasi.
Selain itu, peserta pelatihan juga diberikan informasi dari salah satu toko online Indonesia, Shopee. PMI Purna ini diberikan informasi terkait pengenalan teknis di dalam berdagang secara online, tips dan trik agar barang dagangan yang dijual menarik perhatian calon konsumen. Selain itu terdapat sesi menarik di mana Shopee memberikan pelatihan fotografi agar produk yang dijual dapat lebih diminati oleh calon konsumen.
Acara pelatihan ini terlaksana berkat dukungan dari Direktorat Pemberdayaan, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang bekerjasama dengan PT. Pegadaian (persero) dan BP3TKI Padang sebagai pelaksana kegiatan.
Valerie Christie Faisal, S.Pd sebagai penanggung jawab kegiatan sekaligus Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Padang mengungkapkan bahwa PMI Purna sebagai wirausahawan harus siap dalam menghadapi kemajuan teknologi yang sangat pesat.
“Acara ini untuk memberikan peningkatan kualitas bagi PMI Purna yang telah memiliki usaha agar dapat memanfaatkan teknologi informasi modern saat ini, seperti banyaknya marketplace yang dapat di manfaatkan untuk pemasaran produk sahabat PMI Sumatra Barat termasuk secara on line” ujar Valerie. (BP3TKI Padang/rvksm) Editor: Ulv

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer