SARANA ADVOKASI & EDUKASI

Platform Penyebaran Informasi Ketenagakerjaan, Hukum, Peraturan serta Layanan Pengaduan PMI Taiwan

Hati-hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Pejabat maupun Institusi BNP2TKI, Agar Selalu Waspada!

Cari Info Cepat !

12 February 2020

BP2MI : Program SP2T Terobosan Baru Penempatan PMI ke Taiwan

Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI Elia Rosalina Sunityo

Jakarta, BP2MI (12/2/2020) Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Skema Special Placement Program to Taiwan ( SP2T ) merupakan terobosan baru dalam penempatan PMI ke Taiwan melalui Direct Hiring Service Centre (DHSC).
Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI, Ellia Rosalina Sunityo menyampaikan, Program ini bertujuan untuk mengurangi, menghilangkan praktek jual beli Job atau  fee agency yang membebani  para PMI. “Keuntungan dari program SP2T adalah mewujudkan proses penempatan yang transparan dan melindungi PMI, memudahkan, menyederhanakan serta mempercepat proses penyiapan dan penempatan PMI yang akan bekerja ke Taiwan,” jelas  Ellia Rosalina di Jakarta, Rabu, 12/2/2020
Saat ini, lanjut Ellia Rosalina Sunityo, telah tersedia peluang kerja ke Taiwan melalui skema SP2T untuk 109 orang dari dua perusahaan tekstil di Taiwan dan  telah dipenuhi sebanyak 22 orang. Sehingga  masih tersedia peluang kerja untuk 87 orang yang proses perekrutannya akan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan perusahaan tersebut pada tahun 2020 ini. Dengan adanya kerjasama antara BP2MI dan pemerintah Taiwan ini, kedepannya perusahan Taiwan yang akan merekrut calon PMI diharapkan akan terus bertambah.
Untuk itu bagi pencari kerja yang ingin mengikuti program penempatan ke Taiwan melalui skema SP2T ini diharapkan mampu memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan dan lulus seleksi interview. Adapun syarat minimal yang harus dipenuhi adalah lulusan SMK atau sederajat, tidak buta warna dan usia minimal 18 tahun.
Biaya-biaya yang akan diganti oleh pengguna meliputi tiket pemberangkatan, visa, medical check-up dan BPJS-Ketenagakerjaan dalam negeri. Sementara itu, biaya yang menjadi tanggungan PMI adalah biaya pembuatan passpor, Asuransi Kesehatan - Ketenagakerjaan di Taiwan dan biaya makan serta tempat tinggal.
Informasi lebih lengkap dapat dilihat di website BP2MI (www.bnp2tki.go.id) dan jobsinfo BP2MI (www.jobsinfo.bnp2tki.go.id) atau menghubungi helpdesk Jobsinfo (021) 29244847.***(Humas/Ash/MH)
Sumber : BNP2TKI

Reactions:

BERITA ONLINE (RSS)

Rangkuman Berita Online Populer